MIX.co.id - Sebagai produsen bijih plastik, Chandra Asri menghadapi ekspektasi dari para pemangku kepentingan untuk mempertanggungjawabkan sampah yang dihasilkan dari turunan produknya. Sementara itu, studi yang dirilis Katadata Insight Center (KIC) mengungkapkan bahwa 50,8% responden di lima kota besar Indonesia tidak memilah sampah. Dari 50,8% responden yang tidak memilah sampah, 79% di antaranya beralasan tidak ingin repot.
Oleh karena itu, Chandra Asri memutuskan untuk mengambil bagian dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pilah sampah melalui kampanye kreatif “Aksi Asri Operasi Semut”. Kampanye ini melibatkan Millenial dan Gen-Z, yang menurut “Deloitte Annual Gen Z & Millenial Survey, 2022”, mereka merupakan generasi yang peduli dengan isu lingkungan dan perubahan iklim sekaligus berani untuk speak up demi meminta perubahan.
Dalam menjalankan kampanye itu, Chandra Asri menjalankan tiga strategi, yakni membangun excitement seperti kegiatan Aksi Asri Operasi Semut yang dilakukan sebanyak tiga kali setiap tahunnya; optimalisasi platform digital, antara lain dengan menyusun aktivitas Aksi Asri Operasi Semut di akun IG Forum Indonesia Asri dan menggandeng KOL; membentuk komunitas dengan menjadikan peserta Aksi Asri Operasi Semut sebagai anggota komunitas untuk menjaga keberlanjutan program.
Hasilnya, warga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Aksi Asri Operasi Semut vol.1 dan 2 serta membagikannya di grup Whatsapp, terjadi peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pilah sampah, dan ada peningkatan pemahaman dan ketertarikan peserta (eksternal dan karyawan) untuk memilah sampah.
Dinilai Vera Makki, President International Association of Business Communicators (IABC) yang juga dewan juri PR Program of the Year 2023, “Di program #AksiAsri Operasi Semut, tujuan dengan parameter AMEC tersampaikan dengan baik, kreatif, dan hasilnya jelas berfokus pada objectives, serta mencapai target dengan baik.”
#AksiAsri Operasi Semut dari Chandra Asri pun berhasil meraih predikat “Very Good” untuk kategori “Creative Corporate Reputation” di ajang “Indonesia PR of The Year 2023” yang digelar Majalah MIX MarComm.