Recycle Me - Coca-Cola Indonesia "The Best ESG Campaign" Indonesia PR of the Year 2023

MIX.co.id - Sejak 2021, Coca-Cola Indonesia meluncurkan pesan ‘Recycle Me’ pada label kemasannya di seluruh merek dan produknya. Pesan itu untuk mengingatkan konsumen agara membantu mendaur ulang botol plastik PET bekas dan kaleng aluminium setelah mereka menikmati minumannya. Pesan ini penting sebagai bagian dari visi Coca-Cola untuk menciptakan tujuan perusahaan tanpa limbah pada 2030.

Untuk lebih menginspirasi dan mendorong perubahan perilaku dan kebiasaan dalam pengumpulan dan daur ulang sampah plastik, Coca-Cola Indonesia memperkenalkan program ‘Recycle Me’ yang melibatkan konsumen. Koleksi yang terlihat berjalan selama tiga bulan setiap tahun.

Pada tahun pertama 2021, Coca Cola bermitra dengan Waste4Change yang dilanjutkan pada 2022. Botol bekas yang berhasil dikumpulkan, dikirim ke 16 tempat sampah yang tersedia bank sampah di wilayah DKI Jakarta dan 8 pusat pengumpulan Mahija Parahita Nusantara (Yayasan Mitra Pemulung) di DKI Area Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Mekanismenya, konsumen dipersilakan mengirimkan enam bekas Botol plastik PET, 3.000 peserta pertama menerima subsidi ongkos kirim hingga Rp30.000. Konsumen dapat memperoleh poinreward yang dapat ditebus untuk membeli pulsa seluler, pulsa listrik, dan e-wallet senilai hingga Rp 25.000 saat berpartisipasi.

Pada 2021, inisiatif ini berhasil mengumpulkan lebih dari 220 kilogram botol plastik dari ribuan peserta selama bulan Oktober hingga Desember. Secara daring, ada 9.335 klik di situs web “Recycle Me” sepanjang 2021.

Pada 2022, insiatif ini berhasil mengumpulkan lebih dari 1,840 kilogram botol plastik kiriman lebih dari 10 ribu partisipan selama periode Oktober-Desember. Dan partisipan daring di web Recycle Me meningkat menjadi 17,139 klik.

Total selama dua tahun berjalan, program Recycle Me Coca-Cola berhasil mengumpulkan 13,738 transaksi dari pengumpulan 2,060 kg botol plastik, 108 coverage media dengan perkiraan kepemirsaan (OTS) 335,8 miliar serta PR Value Rp13 miliar. Atas pencapaian ini, dewan juri memberikan rekognisi very good program dengan skor 261,67 untuk kategori ESG Campaign dalam PR of the Year 2023. (bintari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)