Andam Dewi (Spoke Person of The Year 2021)

Di kalangan jurnalis, terutama yang menempati desk gaya hidup dan kesehatan (health and lifestyle), tentulah mengenal sosok wanita yang satu ini. Hal ini lantaran sosoknya selalu tampil dalam kegiatan yang diselenggarakan Herbalife Nutrition Indonesia, produsen produk nutrisi global, dan ia menjadi narasumber mewakili perusahaan dalam setiap event.

Sosok wanita tersebut adalah Andam Dewi selaku Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia. Kehadirannya pada setiap event yang mengikutsertakan media dalam program kegiatan Herbalife membuat dirinya familiar di kalangan jurnalis.

“Menyadari akan pentingnya posisi media dan jurnalis sebagai sumber informasi dan referensi terpercaya di tengah banjirnya informasi di ruang publik, menjadi satu hal yang mendasari kami untuk memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan media,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Kami di Herbalife Nutrition Indonesia selalu menempatkan diri sebagai mitra bagi media dan jurnalis dalam menyebarkan informasi seputar kesehatan bagi masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan komitmen kami untuk terus mengkampanyekan gaya hidup sehat dan aktif diimbangi dengan olahraga teratur.”

Kedekatan tersebut memberi kemudahan bagi awak media untuk konfirmasi berita terkait informasi kebijakan atau program kegiatan yang diadakan Herbalife. Ia pun selalu memberi respon jawaban atas pertanyaan yang diajukan awak media, kapan pun dan di mana pun, melalui telepon sekali pun. Lantaran itu, Andam Dewi didapuk menjadi Spoke Person PR Person of The Year 2021 oleh Majalah MIX.

Dalam setiap event, ia selalu menekankan jurnalis agar menghubunginya terkait pekerjaan jurnalistik. “Untuk konfirmasi berita, sekalipun via telepon, saya coba jawab saat itu juga,” ujarnya. “Tapi, kalau pertanyaan yang butuh data lengkap, saya koordinasikan dulu dengan tim saya, setelah data terkumpul, barulah saya sampaikan,” imbuh Andam.

Pada September 2020 lalu misalnya, Andam hadir di konser virtual dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-22 Herbalife di Indonesia sekaligus untuk berbagi kebahagiaan dan mengedukasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Herbalife aktif mensponsori event olahraga serta program inisiatif sosial melalui donasi untuk penanggulangan Coid-19.

Di tengah pandemi Covid-19, menurut Andam, tantangan terberat adalah mengupayakan diri dan bisnis untuk dapat beradaptasi terhadap kebiasaan-kebiasaan baru selama pandemi. Berusaha untuk tetap berpikir positif dan produktif adalah kunci selama pandemi.

“Dengan berpikir positif dan produktif, kami yakin inovasi positif akan muncul dengan membawa manfaat tidak hanya bagi kami di perusahaan, namun juga bagi masyarakat luas,” tuturnya lagi.

Di perusahaan, ia selalu berupaya untuk membangun alur komunikasi tidak hanya top down, tapi juga memfasilitasi aspirasi dengan alur komunikasi bottom up. Memaksimalkan berbagai kanal komunikasi bagi internal perusahaan juga hal yang mutlak diperlukan, mengingat perkembangan teknologi sangat signifikan, dan mayoritas karyawan perusahaan berasal dari golongan millenial bahkan generasi Z.

“Memahami kebiasaan dan budaya kaum muda menjadi keharusan di samping mengaplikasikan komunikasi dua arah yang selalu dijaga demi terciptanya kerjasama tim yang solid, kreatif, dan inovatif,” kata Andam Dewi tandas.

Sebelum bergabung di Herbalife Nutrition Indonesia, ia sempat bekerja di Watsons Indonesia menjabat Manager Merchandising (2008-2009); Group Manager Cosmetics di Sophie Paris (2007-2008); dan PT Chi Indonesia dengan posisi sebagai Manager Accounting Finance pada 2005-2007.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)