Ruang lingkup Divisi Corporate Communications Astra International tidak sebatas pada holding Astra. Mereka juga harus berkoordinasi, bersinergi, dan mendukung fungsi komunikasi di perusahaan-perusahaan Grup Astra, sembilan yayasan Astra, dan Koperasi Astra.
Dalam menjalankan fungsinya, seluruh departemen di Corcomm Astra mengacu pada Astra Communications Management System (ACMS), yaitu sistem manajemen yang mengatur standar aktivitas, standard kompetensi, dan mengukur kualitas output dari fungsi komunikasi korporasi Grup Astra.
Saat ini, Corporate Communications mencakup bagian Internal Relations, Media Relations, Government Relations, Brand Communications, dan Central Resources. Tiap-tiap departemen memiliki fungsi tersendiri yang unik dan berbeda-beda.
Internal Relations antara lain bertugas mengelola aplikasi sistem manajemen komunikasi Astra (ACMS) ke internal Grup Astra, PIC CorComm Grup Astra termasuk Korwil Grup Astra secara nasional dan lainnya.
Brand Communications menyusun konsep dan strategi komunikasi. Sementara Central Resources mengelola sistem PDCA (Plan-Do-Check-Action) divisi, mendukung penyediaan data, informasi, dan kelancaran fungsi di tiap-tiap departemen, serta mengelola partnership dengan pihak eksternal.
Government Relations menjalin relasi dengan pemerintah dan menganalisis kebijakan pemerintah serta dampaknya bagi Astra. Sementara Media Relations bertugas menjalin relasi dengan media, membuat dan mendistribusikan konten ke media, monitoring pemberitaan, dan crisis handling di media.
Media merupakan salah satu mitra Astra yang cukup penting. Menurut Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto, menjalin relasi dengan media harus dilakukan secara terus-menerus dan jangka panjang agar dapat menciptakan relasi yang baik. Relasi itu diusahakan tidak sebatas antara Astra dan media, melainkan hingga sampai ke tahap relasi individual.