Di Tengah Pandemi, Majalah MIX MarComm Kembali Selenggarakan PR of The Year 2021

Majalah MIX – Marketing Communication (MarComm) kembali menggelar PR of The Year2021, ajang anugerah bagi program Public Relations (PR) terbaik dan bagi praktisi PR terbaik pilihan jurnalis.

Tahun ini adalah penyelenggaraan PR of The Year yang ke-14. Tahun ini pula event untuk kali pertama diselenggarakan secara virtual, imbas dari pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Selain awarding, event yang digelar pada Rabu sore (3/2) di Jakarta ini juga diisi dengan acara talkshow melalui webinar bertajuk “PR is King, Internal Communication is Princess (In Multidimension Crisis)” dengan menghadirkan praktisi PR dari sejumlah perusahaan. Acara dipandu moderator Edhy Aruman selaku Pemimpin Redaksi mix.co.id.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia yang hadir sebagai pembicara, menyampaikan tentang pentingnya peran PR dalam krisis multidimensial saat ini.

Menurutnya, elemen kounikasi sangat dibutuhkan di masa pandemi saat ini agar penyampaian informasi, baik di lingkungan internal korporat maupun eksternal, menjadi efektif.

Danone sempat diterpa krisis, terkait dengan boikot produk Perancis. Upaya mitigasi krisis, dijelaskan Arif, dilakukan dengan memonitor dan berdiskusi dengan global dan negara-negara lain yang mengalami situasi serupa. Kemudian, pihaknya melakukan komunikasi dengan sejumlah pemangku kepentingan strategis untuk menjelaskan posisi perusahaan sebagai organisasi non politis.

”Selanjutnya, meyakinkan mitra dan konsumen bahwa komitmen Danone terhadap Indonesia terus kami jaga dalam situasi apa pun,” paparnya.

Pembicara lain, yakni VP Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin; Head of Corporate Public Relations Indofood Sukses Makmur Nurulita Novi Arlaida; Direktur Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi; dan Head of Corporate Communications Bytedance TikTok Indonesia Chatrine Siswoyo , sepakat bahwa era pandemi mengubah format komunikasi dari offline menjadi online. Hal ini menuntut untuk mulai terbiasa menjalankan program PR secara virtual. Dan, kondisi ini pun membuat kanal komunikasi bergeser ke digital seperti melalui channel sosial media.

Pada perhelatan PR of The Year yang ke-14, antusias peserta cukup tinggi. Tercermin dari 181 entries program dari berbagai perusahaa dan institusi yang masuk untuk dilakukan penjurian.

Adapun, entries program didominasi oleh kegiatan PR yang terkait pandemi. Pemilihan program PR terbaik dilakukan melalui sistem submission (pendaftaran entries) oleh agensi atau perusahaan pemilik program dan lewat penjaringan entries melalui peliputan dan riset Redaksi MIX MarComm.

Terdapat lima kategori untuk anugerah PR Program ini, yaitu Creative PR Program; Marketing PR Program; Social PR Program; Media Relations Program; dan Owned Media.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)