Di Tengah Pandemi, Majalah MIX MarComm Kembali Selenggarakan PR of The Year 2021

Majalah MIX – Marketing Communication (MarComm) kembali menggelar PR of The Year2021, ajang anugerah bagi program Public Relations (PR) terbaik dan bagi praktisi PR terbaik pilihan jurnalis.

Tahun ini adalah penyelenggaraan PR of The Year yang ke-14. Tahun ini pula event untuk kali pertama diselenggarakan secara virtual, imbas dari pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Selain awarding, event yang digelar pada Rabu sore (3/2) di Jakarta ini juga diisi dengan acara talkshow melalui webinar bertajuk “PR is King, Internal Communication is Princess (In Multidimension Crisis)” dengan menghadirkan praktisi PR dari sejumlah perusahaan. Acara dipandu moderator Edhy Aruman selaku Pemimpin Redaksi mix.co.id.

Arif Mujahidin, Corporate Communication Director  Danone Indonesia yang hadir sebagai pembicara, menyampaikan tentang pentingnya peran PR dalam krisis multidimensial saat ini.

Menurutnya, elemen kounikasi sangat dibutuhkan di masa pandemi saat ini agar penyampaian informasi, baik di lingkungan internal korporat maupun eksternal, menjadi efektif.

Danone sempat diterpa krisis, terkait dengan boikot produk Perancis. Upaya mitigasi krisis, dijelaskan Arif, dilakukan dengan memonitor dan berdiskusi dengan global dan negara-negara lain yang mengalami situasi serupa. Kemudian, pihaknya melakukan komunikasi dengan sejumlah pemangku kepentingan strategis untuk menjelaskan posisi perusahaan sebagai organisasi non politis.

”Selanjutnya, meyakinkan mitra dan konsumen bahwa komitmen Danone terhadap Indonesia terus kami jaga dalam situasi apa pun,” paparnya.

Pembicara lain, yakni VP Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin; Head of Corporate Public Relations Indofood Sukses Makmur Nurulita Novi Arlaida; Direktur Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi; dan Head of Corporate Communications Bytedance TikTok Indonesia Chatrine Siswoyo , sepakat bahwa era pandemi mengubah format komunikasi dari offline menjadi online. Hal ini menuntut untuk mulai terbiasa menjalankan program PR secara virtual. Dan, kondisi ini pun membuat kanal komunikasi bergeser ke digital seperti melalui channel sosial media.

Pada perhelatan PR of The Year yang ke-14, antusias peserta cukup tinggi. Tercermin dari 181 entries program dari berbagai perusahaa dan institusi yang masuk untuk dilakukan penjurian.

Adapun, entries program didominasi oleh kegiatan PR yang terkait pandemi. Pemilihan program PR terbaik dilakukan melalui sistem submission (pendaftaran entries) oleh agensi atau perusahaan pemilik program dan lewat penjaringan entries melalui peliputan dan riset Redaksi MIX MarComm.

Terdapat  lima kategori untuk anugerah PR Program ini, yaitu Creative PR Program; Marketing PR Program; Social PR Program; Media Relations Program; dan Owned Media.

Penilaian terhadap program-program PR yang masuk sebagai peserta kontes dilakukan oleh Dewan Juri yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi komunikasi

Sementara itu, penghargaan “Indonesia PR Practitioners of the Year 2021” diberikan kepada tokoh PR berdasarkan hasil pooling kepada para jurnalis dari media cetak, online, televisi, dan radio.

Ada lima Kategori yang dihadirkan pada program “Indonesia PR Practitioners 2021”. Kelima kategori itu adalah  Spoke Person BUMN, Spoke Person, Senior PR Practitioner, Junior PR Practitioner, PR Agency, dan Corporate Communication Team-Journalist Choice.

Berikut pemenang “Indonesia PR Program of The Year 2021”:

  • MARKETING PUBLIC RELATIONS PROGRAM; Treasury, Sharp Electronics Indonesia, Trakindo Utama, GoPay, Panasonic GOBEL, Dana Indonesia.
  • SOCIAL PUBLIC RELATIONS PROGRAM; Astra International, Bank DBS Indonesia, Asuransi Astra, Danone-AQUA, Reckitt Benckiser Indonesia.
  • CREATIVE PUBLIC RELATIONS PROGRAM; Astra International, Mondelez Indonesia, Bank OCBC NISP, Bank DBS Indonesia, Danone-AQUA.
  • MEDIA RELATIONS PROGRAM Danone Indonesia; Dana Indonesia, Asuransi Astra, Trakindo Utama, Wismilak Foundation, Asus Indonesia.
  • OWNED MEDIA PROGRAM; Dana Indonesia, Mayapada Hospital, Otoritas Jasa Keuangan, DwiSapta, Trakindo Utama , Pertamina (Persero).

Sedangkan  pemenang  anugerah “Indonesia PR Practitioners Of The Year 2021”:

  • SENIOR PR PRACTITIONER; Pandu Setio, Senior PR & Brand Communication Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Intan Pratiwi Darmawanti, Manager Corporate Communication Herbalife Indonesia.
  • UNIOR PR PRACTITIONER; Christopher Alver, Corporate Communication PT Bank BNI (Persero) Tbk, Dhita Ayuningtyas, Public Relation Sr. Supervisor LG Electronics Indonesia.
  • AGENCY PR; Opal Communications, Kendilima Strategic Communications.
  • CORPORATE COMMUNICATIONS TEAM; PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, PT Antam, Tbk, PT Astra Agro Lestari, Tbk, Sinar Mas Land, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, PT Kalbe Farma, Tbk, PT Astra International, Tbk, PT SiCepat Ekspres Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)