Gerakan #BijakBerplastik Danone-AQUA

Danone-AQUA berkomitmen untuk turut aktif menyelesaikan permasalahan sampah plastik di Indonesia melalui gerakan #BijakBerplastik. Komitmen Danone-AQUA tersebut sejalan dengan misi pemerintah Indonesia mengurangi sampah laut hingga 70 persen pada tahun 2025.

Gerakan #BijakBerplatik bertumpu pada tiga pilar, yaitu kegiatan mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik (Collecting); mempelopori kampanye daur ulang sampah plastik melalui kegiatan edukasi di sekolah-sekolah, ruang publik  dengan berkolaborasi bersama pemerintah dan pihak terkait untuk mendorong kesadaran dan budaya daur ulang (Education); serta pilar Innovation, yakni komitmen Danone-AQUA bahwa seluruh kemasan dapat di daur ulang dan meningkatkan proporsi plastik daur ulang dalam botol menjadi 50 persen pada tahun 2025.

Uniknya, gerakan #BijakBerplastik dieksekusi dengan komprehensif melalui beragam kegiatan, dari menyebarluaskan konten edukasi program, acara talkshow yang menghadirkan para pakar, berkolaborasi dengan komunitas dan pihak terkait, hingga program yang mendorong keterlibatan audiens untuk terjun mengatasi masalah sampah plastik.

Pada program edukasi konten misalnya, diimplementasi dengan meluncurkan educational series “BijakBerplastik” di sosial media dan microsite AQUA Lestari dan Bijak Berplastik. Mengusung konten tentang pelestarian lingkungan maupun tutorial cara penanganan sampah plastik. Melalui kanal digital, edukasi dikemas dalam kegiatan bertajuk “Bijak Berplastik Week” dan “Sampahku Tanggung Jawabku.”

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2020 misalnya, Danone-AQUA membuat serial konten berdasarkan kisah nyata dari penanggung jawab Unit Usaha Daur Ulang atau Recycling Business Unit (RBU) di Tangerang Selatan. Konten mengisahkan orang-orang yang bekerja di balik proses daur ulang sebagai pahlawan lingkungan yang mengelola sampah menjadi sesuatu yang berharga. Selain itu, juga ditampilkan proses di balik layar RBU yang dibantu oleh Danone-AQUA.

Danone-AQUA juga aktif berkolaborasi untuk mewujudkan obyektif program. Seperti kolaborasi dengan Grab, melalui GrabExpress Recycle masyarakat dapat mengirimkan sampah bernilai ekonomis, terutama botol dan gelas plastik, ke bank sampah terdekat. Kemudian, sampah tersebut akan dibawa ke RBU milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku untuk kemasan produk.

Tidak hanya itu, Danone-AQUA berkolaborasi dengan menampilkan karya desainer Felicia Budi yang mendaur ulang botol plastik yang dikumpulkan dan diolah di RBU Danone-AQUA untuk dijadikan kain. Termasuk pula berkolaborasi dengan sejumlah blogger dan Youtuber seperti Meizal Rossi, illustrator Wastana Haikal, serta penyanyi Sheryl Sheinafia yang mengajak masyarakat peduli dan ambil bagian dalam mengatasi masalah sampah plastik. Ajakan tersebut dituangkan dalam lagu berjudul “Positif” yang diinisiasi Danone-AQUA dalam kolaborasi AQUA X Sheryl Sheinafia untuk #BijakBerplatik

Gerakan ini pun dikemas dengan cara menghibur untuk mendorong keterlibatan masyarakat, yakni dengan meluncurkan Filter AR “Ayo Pilah Sampahmu!” AR Filter Challenge ini merupakan game AR untuk menangkap sampah yang dapat di daur ulang termasuk botol plastik dengan cara memiringkan kepala ke samping. Filter AR ini bertujuan untuk mengedukasi audiens tentang pemilahan sampah.

Melalui serangkaian program dan aksi nyata menangani sampah plastik, gerakan #BijakBerplastik Danone-AQUA sepanjang tahun lalu memperoleh total impressions 13.808.785, total reach 12.795, dan total engagement sebanyak 101.606.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)