MIX.co.id - Menembu56atasan adalah kampanye yang dimaksudkan untuk memperkuat posisi Indosat sebagai perusahaan induk dari Indosat Group, serta menyatukan semangat karyawan agar turut bertransformasi dan menjadi bagian transformasi perusahaan menuju AI-Native TechCo. Melalui kampanye tersebut, seluruh karyawan Indosat beserta anak perusahaannya diajak untuk memiliki aspirasi besar.
Secara strategik, kampanye #menembu56atasan diturunkan ke dalam 3 program. Masing-masing adalah Employee Carbon Offset (ECO), Indosat Group Run, dan sebagai puncaknya adalah Festival 5emua 6embira: HUT 56 Tahun Indosat yang diadakan serempak di lima kota.
Dalam proposal yang diajukan ke hadapan dewan juri Indonesia PR Program of the Year 2024, tim Indosat memaparkan hasil pengukuran 3O’s (output, outtake dan outcome) program tersebut sebagai berikut.
Program ECO mendapatkan coverage dari 88 media lokal dan berhasil menjangkau 60% karyawan (sekitar 1.600 orang) dengan dengan engagement rate 3%. Program ini juga berhasil mengajak karyawan untuk menanam 5.600 mangrove secara sukarela dan mengumpulkan dana sebesar Rp160 juta, serta berhasil membentuk 3 lokasi penanaman baru di Makasar, Aceh dan Indramayu. Kendati menghasilkan emisi karbon sebesar 22 ton, namun kegiatan itu mencatat angka resapan emisi karbon sebesar 400 ton.
Lebih dari itu, rangkaian kampanye juga berhasil mengubah perilaku karyawan untuk menjadi lebih Eco Friendly, menghasilkan pembentukan kebijakan baru (anti botol plastik), serta memberikan contoh kepada karyawan akan potensi perusahaan teknologi.
Sementara program Indosat Group Run berhasil mengumpulkan 5.000 pendaftar, yang tiketnya terjual habis hanya dalam waktu 1 hari saja. Tingkat kepuasan acara ini tercatat mencapai nilai 4.6/5.0 (92%), dan memberikan impact yang mengeratkan karyawan Indosat dan anak perusahaan di 5 kota, mengubah cara bekerja di perusahaan, serta menghasilkan program agile internal yang mendorong adjacent revenue perusahaan.
Dan puncaknya pada HUT 5emua 6embira Festival, 96% karyawan (2.900 orang) tercatat hadir. Sementara 100 UMKM karyawan yang ikut berpartisipasi berhasil membukukan penjualan >Rp600 juta. Tingkat kepuasan acara ini mencapai nilai 4.7/5.0 (94%), nilai tertinggi dalam seluruh acara Indosat dan juga nilai employee NPS tertinggi yang pernah dicatatkan Indosat, dan tertinggi dalam industri (angka dirahasiakan).
Semua Gembira berhasil menyuntikkan semangat dan mindset sebuah Tech Company kepada seluruh karyawan Indosat. Lebih daripada itu, Festival ini juga membantu mencetak hasil FY 2023 Indosat di mana Revenue, EBITDA, Net Profit meningkat signifikan. Dan kampanye #menembu56atasan ini mendapatkan predikat verygood dari juri PR of the Year 2024. (Bin)