MIX.co.id - Mondelez Indonesia menggelar kampanye bertajuk #MondelezUntukIndonesia untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM di masa pandemi dengan mengedepankan semangat #DukungUMKMKuliner. Program membidik kuliner kekinian, didasari hasil riset Mondelez International bertajuk “Survey the State of Snacking 2020” bahwa konsumen tertarik mencoba kuliner-kuliner baru dan 77% telah mencoba makanan baru selama masa pandemi. Di samping itu, produk Mondelez seperti Oreo, Cadbury dan Keju Craft sering dipakai dalam resep kuliner kekinian.
Program diawali di bulan Mei 2021 dengan peluncuran website www.snacks-desserts.id berkolaborasi dengan 25 social media influencer, kemudian event Thematic Hampers Distribution + Internal Movement pada bulan Agustus. Dilanjutkan dengan menggelar virtual press conference, virtual workshop untuk para pelaku UMKM kuliner, dan kompetisi kuliner kekinian. Kegiatan dilaksanakan selama bulan September – Oktober yang bertujuan meng-engage program. Pada tahap akhir program (amplify) digelar kegiatan virtual gathering dan Mondelez Royal Club Community Activation selama Oktober-Desember 2021.
#MondelezUntukIndonesia meraih result melampaui target. Pada acara launching website, memperoleh total exposure sebanyak 2.099.192 impression. Sementara di acara Thematic Hampers, bertepatan dengan Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus), hampers special ini didistribusikan kepada influencer guna meningkatkan awareness kampanye #DukungUMKMKuliner dan memperluas inspirasi bagi khalayak luas. Mondelez juga melibatkan tim internal menyebarkan inspirasi positif untuk membeli produk UMKM di lingkungannya. Event menghasilkan 366,948 total impression.
Sebagai komitmen berkelanjutan untuk #DukungUMKMKuliner, Mondelez Indonesia menghadirkan official telegram channel Mondelez Royal Club (MRC) sehingga pelaku bisnis kuliner Tanah Air bisa mendapatkan berbagai informasi terkait insight dan tren bisnis terkini dari expertise di bidang kuliner. Kompetisi “kreasi menu kekinian Modelez” menggaet 200 lebih UMKM kuliner dan sebanyak 700 lebih UMKM menjadi member Mondelez Royal Club Community.
Hasil positif juga terlihat pada pencapaian program #MondelezUntukIndonesia dan kampanye #DukungUMKMKuliner, yakni PR Value sebesar Rp9,1 miliar; 900 new customer database; terjadi peningkatan website traffic sebesar 115%; dan 2,466,140 total social media impression.
Menurut juri Herry Ginanjar, program kampanye #DukungUMKMKuliner dijalankan dengan proses yang detil, menyangkut penjelasan background yang memadai, clear tujuan yang terkuantifikasi, strategi komunikasi dan target audience yang jelas, hasil sesuai target secara pengukuran.