MIX.co.id - Peduli pada keresahan dan kebutuhan UMKM, terutama usaha kecil yang menjadi member Smartfren Community, operator selular ini pada 2023 menggelar program “Teman UMKM.” Bertujuan untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka di era digital, Smartfren memilih UMKM Cikalon Wetan sebagai target audience. Cikalong Wetan adalah salah satu wilayah yang memiliki potensi UMKM tinggi, namun diperlukan dukungan dari berbagai elemen untuk menggali potensi tersebut dengan memanfaatkan teknologi internet.
Program ini dieksekusi dengan strategi SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Timely). Specific artinya memberikan pelatihan literasi digital yang inklusif selaras dengan kebutuhan usaha lokal dan memanfaatkan internet dalam pengembangan usahanya. Measurable artinya, tolak ukur kegiatan adalah konsistensi peserta dalam pelatihan, Progress UMKM before-after pelatihan, dan Website untuk penjualan produk UMKM. Attainable artinya rangkaian acara pelatihan diikuti oleh UMKM yang sama, memperlihatkan perkembangan pengetahuan, dan membuat website yang menjadi wadah UMKM setempat. Relevant artinya topik yang diberikan pada setiap pelatihan menyesuaikan kebutuhan UMKM di Cikalong Wetan, mulai dari socialmedia, WhatsApp Bisnis, sampai pembuatan Website. Timely artinya satu rangkaian pelatihan Teman UMKM di satu lokasi berlangsung selama tiga bulan, Maret-Mei 2024.
Sementara itu, strategi komunikasi yang digunakan adalah melalui: EarnedMedia, di mana Teman UMKM Cikalong Wetan menghasilkan pemberitaan di media online lokal Jawa Barat dan seluruhnya telah memberikan sentimen positif; SharedMedia, di mana kegiatan ini juga menghasilkan konten yang dibagikan oleh peserta dan tokoh yang terlibat dalam pendampingan, antara lain @rifanmuhammad_ dan @babay.barlah; OwnedMedia, dimana Smartfren bersama para stakeholder mempublikasikan program tersebut dalam website umkmcikalongwetan.com dan berbagai aset lain yang dimiliki.
Hasilnya, program “Teman UMKM” dari Smartfren berhasil meraih predikat Very Good (hasil penilaian juri) dan di peringkat pertama hasil data crawling di media sosial dan website di ajang “Indonesia PR Program of The Year 2024” untuk kategori ESG Campaign.