Research

Naik 10%, Kategori Mana yang Bertumbuh di Industri Hiburan dan Media?

Laporan “Global Entertainment and Media Outlook 2017-2021” yang dirilis PWC hati ini (3/8) menunjukkan bahwa pada tahun 2021, tingkat pertumbuhan pendapatan industri hiburan dan media di Indonesia diperkirakan akan mencapai 10%. Itu artinya, nilainya tembus hingga US$ 8,16 miliar. Kategori yang dibahas dalam laporan tersebut adalah buku, Business to Business (B2B), bioskop, konsumsi data, e-sport, akses internet, iklan internet, video internet, majalah, musik, koran, iklan luar ruang, radio, TV, iklan TV, video games, dan Video Reality (VR).
Dari angka pertumbuhan pendapatan di industri hiburan dan media di Indonesia tersebut, kontribusi terbesar adalah video internet yang mencapai 30% atai US$ 61 juta. Jika pada tahun 2016 video internet di Tanah Air berhasil menghimpun US$ 24 juta, maka tahun 2021 angkanya diperkirakan mencapai US$ 85 juta.
Pertumbuhan video internet yang pada 2016 ke 2021 mencapai 28,5%, rupanya dibarengi juga dengan media-media lainnya yang berbasis digital. Masih menurut laporan tersebut, iklan internet akan mencapai pertumbuhan 21,8%, video games mencapai 16,7%, dan internet akses yang mencapai 11%.
Bagaimana dengan media konvensional? Iklan TV diperkirakan masih akan tumbuh 10,4%. Smentara itu, iklan luar ruang tumbuh 8,2%, radio meningkat 4,5%, majalah naik 2,6%, koran tumbuh 2,1%, dan bioskop naik 4,9%. Hanya buku yang diperkirakan turun di 2021, yakni minus 0,3%.
(Simak ulasan dan infografis lengkapnya pada Majalah Mix edisi Agustus 2017)
Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

1 day ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

2 days ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

2 days ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

2 days ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

2 days ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

2 days ago