Dwi Sutoro dari PTPN Group Dinobatkan Sebagai “Indonesia Best CMO 2023”

MIX.co.id - Dwi Sutoro, Direktur Pemasaran PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Group, berhasil meraih predikat “Indonesia Best CMO (Chief Marketing Officer) 2023” pada penghujung tahun ini. Predikat itu ia raih berkat kepiawaiannya dalam menghasilkan laba dengan salah satu fokus utamanya melakukan hilirisasi komoditas perkebunan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Sepak terjangnya di industri agribisnis sudah tidak diragukan lagi. Sebelum di PTPN Group, Dwi Sutoro pernah menjabat sebagai President Director PT Kievit Indonesia (2015- 2019), Director Quality Unilever South East Asia and Australia (2011-2015), dan menjadi Manufacturing Director Unilever Indonesia (2010-2011).

Saat ini, PTPN Group memiliki 1,2 juta hektar lahan perkebunan dengan 75 pabrik kelapa sawit, 60 pabrik karet, 34 pabrik gula, dan 37 pabrik teh yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan kapasitas produksi yang besar, PTPN Group berusaha untuk menjadi salah satu penopang kedaulatan pangan nasional untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

PTPN Group memiliki tiga perusahaan sub-holding pasca merger 14 anak perusahaan yang dilakukan pada 1 Desember 2023 lalu. Peningkatan produksi perkebunan dan hilirisasi menjadi tujuan PTPN Group menginisiasi integrasi tiga sub-holding yang bergerak di sektor sawit, gula, dan optimalisasi aset.

Sub-holding yang mengelola komoditas sawit, Palm Co, akan menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia dengan lahan seluas 600.000 hektar. Pada tahun 2026, Palm Co diproyeksikan untuk menghasilkan 1,8 juta ton minyak goreng pada tahun tersebut. Minyak goreng yang dihasilkan ini diharapkan bisa memenuhi 30% konsumsi dalam negeri. Sementara itu, PT Sinergi Gula Nusantara (Sugar Co) sebagai sub-holding yang mengelola pabrik gula ditargetkan bisa meningkatkan produksi gula kristal putih sebanyak tiga kali lipat menjadi 2,1 juta ton pada tahun 2028.

“Meskipun produksi CPO dalam negeri kita tinggi, tapi banyak yang dikirim ke luar negeri. Kita ingin CPO ini bisa lebih difokuskan untuk kedaulatan pangan dalam negeri. Oleh karena itu, saat ini PTPN Group tengah gencar melakukan hilirisasi produk kelapa sawit terutama untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng nasional. Kami berharap tidak ada shortagepasokan lagi dan harga di tangan konsumen terkendali dengan baik oleh Pemerintah,” ucapnya.

Hilirisasi menjadi salah satu strategi Dwi Sutoro dalam mengoptimalkan peran PTPN Group dalam mendorong kedaulatan pangan nasional dan mendapatkan laba usaha. Di bawah kepemimpinannya, lahir brand nasional Nusakita yang menyediakan kebutuhan minyak goreng, gula, teh, dan kopi bagi masyarakat. Dengan tagline ‘Dari Bumi Sendiri’, produk Nusakita murni diproduksi dari awal hingga akhir secara mandiri dan terintegrasi. Seluruh bahan baku berasal dari perkebunan yang dimiliki oleh PTPN Group. Produk hilir PTPN Group akan terus digenjot untuk berkembang, bahkan diproyeksikan akan mencapai lima kali lipat dalam 4 tahun mendatang.

Predikat Indonesia Best CMO 2023 diberikan kepada Dwi Sutoro untuk kategori perusahaan agribisnis dengan tema downstreaming palm oil industry to realizingsustainable businesses. Penghargaan ini diserahkan setelah melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh Yayasan Global CEO Indonesia. Yayasan ini merupakan komunitas CEO di Indonesia yang telah berdiri sejak 2016 dengan Dewan Pembina diketuai oleh Kepala Staf Presiden RI, Jend TNI (Purn) Moeldoko.

Dikatakan Laskamana Madya Maman FIrmansyah, Plt. Gubernur Lemhanas, “Tolong dijaga ekonomi Indonesia. Saya berharap para penerima penghargaan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi indonesia yang baik.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)