Ben Wirawan, Pria di Balik Sukses Tas Traveling "Torch"

MIX.co.id - Tren traveling telah berubah. Dulu, traveling hanya menjadi aktivitas perjalanan. Namun, kini, telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi generasi milenial dan Gen Z.

Perubahan tersebut dimanfaatkan Ben Wirawan sebagai peluang untuk membagun bisnis di industri traveling. Menggandeng rekannya, Hanafi Salman, pada tahun 2015, Ben meluncurkan merek  Torch  di kota Bandung.

Dua tahun sejak didirikan, diakui Ben, Torch masih menggunakan pendekatan konvensional untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat. Kala itu, produk Torch dipasarkan melalui distributor dan agen.

Sayangnya, pemasaran dengan cara konvensional itu berdampak terhadap perkembangan bisnis Torch, di mana para agen seringkali tidak melunasi penjualan barang tepat waktu, dan menjadikan Torch tidak bisa meraih omzet secara maksimal.

Dengan kondisi keuangan perusahaan yang memburuk, Ben pun memutuskan hijrah ke jalur digital pada 2017. Dia mulai mempelajari pemasaran digital dan penjualan online. Salah satunya dengan bergabung di Shopee  yang berhasil membawa angin segar terhadap keberlangsungan bisnis Torch.

Melalui pemasaran online yang dilakukan, Torch berhasil meningkatkan penjualannya. Bersama Shopee, Torch juga berhasil menjangkau konsumen baru yang lebih luas, yang ikut membantu meningkatkan penjualan produknya.

Sejak masuk ke ranah online,  rata-rata penjualan online Torch telah tumbuh 100 kali dalam 5 tahun terakhir. Jika sebelumnya karyawan yang Ben miliki di awal berdiri terdiri dari 6 orang, kini ia dibantu oleh lebih dari 80 karyawan untuk  dapat memenuhi pesanan masyarakat Indonesia.

Diungkapkan Ben Wirawan, CEO Torch, “Setelah melewati berbagai tantangan dan hambatan, pilihan Torch untuk bermigrasi dan memasarkan produk lewat online merupakan langkah yang tepat bagi bisnis kami. Pertumbuhan bisnis Torch menjadi sangat jauh berkembang jika dibandingkan dengan awal kami berdiri."

Bahkan dengan bergabung di Shopee, lanjutnya, saat ini Torch bisa melayani pesanan dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Bahkan, pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale tahun lalu, Torch juga berhasil memperoleh jumlah penjualan tertinggi yang mencapai lebih dari 2.000 produk terjual dalam satu hari.

"Merupakan suatu kebanggan bagi saya bahwa produk hasil karya Torch dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dengan mudah. Ini menjadikan proses pembuatan produk yang sangat kompleks dan melelahkan menjadi berarti dan ada maknanya," cerita Ben.

Tak hanya berkinerja positif, Torch juga berhasil dipercaya sebagai official merchandise dari Jakarta Film Week, festival film berskala internasional yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta. Bahkan,  Torch pun sudah sudah membuktikan prestasinya dengan memegang 2 penghargaan Indonesia Good Design Selection, sebuah anugerah Bangga Buatan Indonesia dan menjadi salah satu penerima penghargaan internasional Golden Bauhinia Excellence Award di China.

"Kami menjunjung prinsip 'Produk Yang Baik Dimulai Dari Material Yang Baik'.  Oleh karena itu, kualitas dari material produk menjadi kunci utama yang diusung Torch. Terlebih Torch merupakan brand yang identik dengan tas traveling, di mana para penggemar hobi ini membutuhkan tas yang kuat tetapi tidak berat agar nyaman berkegiatan " ucapnya.

Ben juga terus mempelajari masalah yang dihadapi oleh konsumennya, salah satunya kebutuhan akan aksesoris untuk menemani traveling dengan kualitas yang baik. Untuk menjawab hal itu, Torch menghadirkan inovasi ragam produk, seperti jaket, sandal, dan pakaian yang cocok dipakai di segala aktivitas dan berbagai tujuan liburan. Bahkan, salah satu produk Torch, yaitu Sandal Torch Arrafa menjadi sandal yang sering dipakai konsumen saat haji atau umrah.

Selain itu, Torch juga tidak pernah kelewatan untuk bergabung ke rangkaian kampanye Shopee yang terus mendapat respon positif dari pengguna, mulai dari 9.9, 12.12, dan 3.3 Fashion Sale yang sedang berlangsung saat ini.

"Tahun  ini, Torch akan menghadirkan kolaborasi bersama Marvel, yang patut ditunggu oleh masyarakat luas. Bagi kami, ini merupakan ajang pembuktian bahwa Torch sebagai brand asli Indonesia layak mendapatkan kepercayaan dari brand internasional kecintaan masyarakat Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, menyambut kampanye Shopee 3.3 Fashion Sale tahun ini, Torch siap memanjakan para pembeli setianya, yang juga akrab disapa sebagai SobaTorch, dengan ketersediaan stok dari produk-produk terbaik mereka dan juga beragam lini produk baru mulai dari tas hingga apparel yang stylish nan trendy.

Pada kampanye Shopee 3.3, Torch juga akan menyuguhkan promo belanja menguntungkan sebagai bentuk apresiasi kepada SobaTorch, antara lain Diskon untuk semua produk Torch dengan Extra Voucher dan Flash Sale Discount di jam-jam tertentu hingga 50%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)