People

Bisnis “Niche Market” Adam Abdullah di Industri Fashion

Berawal dari sulitnya mencari outfit untuk meeting bersama klien, akhirnya Adam Abdullah memutuskan untuk memulai bisnis fashion, khusus untuk pria bertubuh besar. “Tadinya, saya membuat outfit untuk kebutuhan saya sendiri. Saya pesan dengan desain yang sudah saya rancang,” cerita pria yang pernah bekerja di Bank BTPN selama 13 tahun itu mengenang.

Selanjutnya, teman-teman kantor yang memiliki masalah serupa, yakni kesulitan mencari fashion bertubuh besar, jatuh cinta pada outfit yang dikenakan Adam. Mereka pun mulai membeli dan memesan outfit yang sama.

“Saya lihat ini sebagai peluang untuk menggarap niche market, yakni pasar fashion untuk pria bertubuh besar seperti saya. Tahun 2014, saya putuskan untuk memproduksi 4 lusin outfit dengan modal yang agak cekak, Rp 20 juta,” ia menuturkan.

Sayangnya, hanya karena sebatas teman kantor yang membeli, akhirnya outfit yang dirancang sekaligus diproduksinya itu hanya terjual 1 lusin. Sisanya, ia putuskan untuk dijual melalui Facebook dan Instagram. “Dulu, eCommerce belum semarak sekarang. Alhamdulillah, hanya dalam tempo dua minggu, produk saya ludes terjual,” ujarnya.

Adam pun mulai memberanikan diri untuk memproduksi lebih banyak. Pertimbangannya adalah tidak hanya memasuki pasar Jakarta, tetapi juga daerah. Sebab, ia percaya, jika tinggal di Jakarta saja ia kesulitan mencari outfit untuk tubuh besarnya, maka akses untuk mereka yang tinggal di daerah tentu lebih sulit lagi.

Tahun 2016, akhirnya, Adam memutuskan untuk mengundurkan diri dari seorang profesional perbankan, untuk kemudian fokus menjadi entrepreneur yang berbisnis fashion. Sejak saat itu, ia pun mulai berbisnis outfit brand WGB–kependekan dari Wah Gede Banget. “WGB ini saya namai sejak tahun 2015,” kisahnya.

Hasilnya, sejak 2014 hingga sekarang, omset WGB terus bertumbuh. Jika tahun 2014 omsetnya hanya Rp 150 juta, tahun 2015 naik menjadi Rp 750 juta. Bahkan, di 2016, omsetnya melesat menjadi Rp 998 juta. “Sampai September ini, omset WGB sudah mencapai Rp 2,4 miliar. Target saya, akhir tahun 2019, omset WGB bisa menyentuh Rp 3,5 miliar,” Adam menargetkan.

Istimewanya, para pembeli WGB tidak hanya di Jakarta. Akan tetapi, juga mereka yang tinggal di Jayapura, Kupang, Medan, Surabaya, Gorontalo, Bekasi, Bandung, dan daerah lainnya. “Mereka didominasi oleh usia 25 sampai 35 tahun,” katanya.

Diakui Adam, sejumlah tantangan ia harus hadapi dalam membesarkan bisnis WGB. Tantanga pertama adalah memasarkannya melalui department store dan eCommerce besar. “Saya pernah ditolak ketika ingin masuk ke department store dan eCommerce. Alasannya, terlalu niche market,” terangnya.

Guna menjawab tantangan itu, ia memilih fokus menjual WGB melalui media sosial, alias SocioCommerce. Termasuk, melalui Word of Mouth (WOM), yang kemudian memesan melalui akun media sosial WGB, baik di FB, IG, maupun website. “Setelah branding terbangun, barulah WGB hadir di Tokopedia, Sophee, dan Bukalapak,” akunya.

Tantangan berikutnya adalah harga yang tidak selaras dengan daya beli konsumen yang tinggal di daerah. Untuk hal ini, Adam memutuskan menurunkan harga WGB, yang awalnya di kisaran Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta, menjadi Rp 149 ribu hingga Rp 450 ribu.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Hadir di Indonesia, Tumbler frank green Usung Sustainable Lifestyle

MIX.co.id - Pada kehidupan modern saat ini, berbagai aktivitas manusia sering memberikan dampak buruk terhadap…

22 hours ago

Jelang Nataru, Indosat Optimalkan Jaringan di 15.731 Lebih Lokasi

Director & Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung, President Director & CEO Indosat Vikram Sinha,…

2 days ago

wondr by BNI Berbagi Tips Rencanakan Liburan Akhir Tahun

MIX.co.id - Menyambut liburan akhir tahun, BNI melalui wondr by BNI berbagi tips untuk menikmati…

2 days ago

PLN Berkolaborasi dengan Alunjiva Gelar “Synergy Fest 2024”

MIX.co.id - Memanfaatkan momentum Hari Disabilitas Internasional, PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Alunjiva Indonesia menggelar…

2 days ago

Gandeng Solventum dan PDGI, Cobra Dental akan Gelar “Denta Festiva 2025”

MIX.co.id - Cobra Dental berkolaborasi dengan Solventum dan PDGI Cabang Jakarta Pusat menggelar “Denta Festiva…

2 days ago

Rayakan HUT ke-25, One Piece x Tahilalats Gelar ‘Party at The Pier’

MIX.co.id – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-25, One Piece, salah satu seri…

2 days ago