Erlyanie Membangun Bisnis B ERL Cosmetics Berkonsep Heart Selling

Berawal dari berjualan online untuk aneka produk--seperti kosmetik, herbal, panci, hingga pakaian dalam--Erlyanie kini sukses menjadi entreprenuer muda di industri kosmetik. Merek kosmetik, B ERL Cosmetics, yang dimiliki sekaligus diluncurkannya pada tahun 2017 lalu telah tersebar ke seluruh Indonesia. Bahkan, dalam setahun, penjualan B ERL Cosmetics sudah hampir menyentuh satu juta piece.

Dijelaskan Erly, konsep penjualan yang digunakan B ERL Cosmetics adalah melalui penjualan langsung. Antara lain, lewat distributor, agen, dan reseller. "Saat ini, total member ketiganya mencapai 7.165 member. Untuk menjadi distributor yang kini jumlahnya mencapai 215, mereka harus membeli 10 ribu piece produk. Sedangkan agen 500 piece produk dan reseller 5 piece produk," papar perempuan kelahiran 31 tahun yang silam itu bercerita.

Dia memilih bisnis kosmetik, karena kategori itu sifatnya repeat order. Selain itu, ia juga sudah punya modal jumlah massa di grup Blackberry Messanger (BBM) yang sangat banyak. "Saya punya 7 grup BBM yang masing-masing beranggotakan 2.000 orang selama menjalankan bisnis online sebagai sampingan," cerita Erly tentang alasannya memutuskan berbisnis kosmetik secara mandiri.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa target market yang dibidik B ERL Cosmetics adalah kelas A, B, dan C, baik wanita muda maupun ibu-ibu muda, dengan harga produk di kisaran Rp 85 ribu hingga Rp 350 ribu. Adapun rangkaian produk yang saat ini dimiliki B ERL Cosmetics adalah paket perawatan wajah B ERL Intense Lightening Series, Beauty Advanced Lip Treatment, Beauty Lip Matte Cream, Make Up Remover The Make Up Eraser, dan paling anyar Fine & Fairness Cream. "Semua produk kami sudah bersertifikasi BPOM dan aman bagi ibu hamil serta menyusui," ucapnya.

Yang menarik, dalam mengembangkan bisnisnya, alumnus D3 Bina Sarana Informatika(BSI)  itu mengusung konsep Bisnis Tanpa Riba. Itu artinya, tidak ada pinjaman bank dan saling menguntungkan, termasuk kepada konsumen maupun para mitra penjualnya. B ERL Cosmetics pun mengedepankan strategi Heart Selling.

"Salah satu filosofi dari strategi Heart Selling adalah dalam mempromosikan produk B ERL Cosmetics, para mitra penjual dilarang melakukan black campaign kepada kompetitor. Sebaliknya, menawarkan produk karena dilandasi niat untuk membantu calon konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Termasuk, saling support antara member layaknya keluarga, tanpa merasa bersaing satu sama lain," papar Erly di sela-sela peluncuran produk terbarunya, Fine & Fairness Cream, pada hari ini (26/8), di Jakarta.

Sadar akan para mitra penjualnya adalah ujung tombak sekaligus kunci sukses perusahaan, B ERL Cosmetics menggelar loyalty program sebagai wujud apresiasi kepada para distributor, agen, maupun reseller. Program bertajuk "B ERL Award 2018" dihadiri oleh 1.000 peserta. Mereka adalah para anggota B ERL Cosmetics, selebgram, blogger, komunitas, mahasiswa, hingga media.

Pada kesempatan itu, B ERL Cosmetics mengapresiasi para mitra yang mampu mencetak penjualan terbanyak dengan hadiah berupa reward Umroh Plus Dubai atau trip ke Eropa beserta uang saku, trip ke Singapura beserta uang saku, dan trip ke Bali beserta uang saku. "Kami juga mengapresiasi mereka yang berhasil menjadi seller terbaik, terkompak, dan terkreatif," tutup Erly, yang menyebutkan bahwa B ERL Cosmetics berencana mendirikan pabrik sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)