Lucianne Putri, Di Balik Sukses Iklan Bango di Citra Pariwara 2014

Berjayanya Lowe Indonesia di ajang Citra Pariwara 2014 tak lepas dari tangan kreatif Lucinanne Putri. Ane—demikian ia akrab disapa—mengaku bahwa keberhasilan Lowe Indonesia memetik 29 piala di ajang Citra Pariwara 2014 berkat kerja keras sekaligus dedikasi tim dalam menggarap kampanye komunikasi brand milik klien.

Lucianne Putri

Lucianne Putri

Penggarapan sebuah iklan misalnya, termasuk dalam format cetak, menurut Ane, dibutuhkan waktu berbulan-bulan. Contohnya, iklan Kecap Bango yang perlu waktu setahun untuk menggarapnya. ”Membuat iklan diperlukan detail yang luar biasa. Meski ketika sudah jadi, sepertinya iklan itu sederhana banget,” ungkap alumnus Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung (ITB) 2010 tersebut, seperti yang dikutip MIX dari Jawa Pos.

Posisinya sebagai art director, membuat Anne berperan sangat krusial. Lantaran, ia dituntut harus membangun ide hingga finalisasi desain iklan. Butuh waktu 1,5 bulan bagi Ane untuk melakukan riset menyeluruh tentang masakan Indonesia yang berbahan dasar daging sapi plus kombinasi bumbu kecap.

Hasilnya, untuk iklan Kecap Bango yang ditujukan bagi momentum Idul Adha awal Oktober 2014 lalu, perempuan 26 tahun itu akhirnya terinspirasi oleh ibu-ibu yang sering bingung memasak potongan daging kurban. Dipaparkannya, objektif dari iklan tersebut adalah untuk memudahkan dan memberikan solusi bagi ibu-ibu dalam mengolah dagign sapi kurban dengan bumbu kecap.

Ide dengan tema beef pun dilahirkan. Selanjutnya, tema tersebut ia kembangkan ke tahap yang lebih kompleks dalam pembuatan iklan. Karena itu, dia perlu membangun komunikasi intens dengan timnya yang terdiri atas copywriter, fotografer, digital imaging animator, hingga CCO.

Tak melulu berjalan mulis. Hasil karya Anne dan tim sempat dikritik sang CCO Roy Wisnu. Namun, kritik terhadap hasil kerja selama berbulan-bulan tersebut ditanggapi positif oleh Anne. Menurutnya, fase tersebut membuat dirinya belajar bahwa pembuatan iklan juga memerlukan sudut pandang berbeda.

Tak percuma, karya Ane lewat iklan Kecap Bango, menyabet lima penghargaan. Dia mengaku belum puas. “Sebab, berkecimpung di dunia advertising yang penuh kreativitas itu memang dituntut untuk terus berkembang. Tidak boleh puas dengan capaian sesaat. Kuncinya, kerja harus dengan passion dan benar-benar dari hati,” tutup perempuan yang telah bergabung di Lowe Indonesia pada Februari 2013 dan diberi tanggung jawab pada divisi food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Lucianne Putri, Di Balik Sukses Iklan Bango di Citra Pariwara 2014”

beritanya bagus banget ,semoga sukses slalu
by husin zaenal, 04 Oct 2015, 05:58

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)