Oktorika Mandasari dan Dunia Content Creator

MIX.co.id - Lebih dari sepuluh tahun berkarir di agensi dengan membantu brand dalam membuat konten, membuat Oktorika Mandasari memutuskan untuk menjadi entrepreneur pada Mei 2021. Menyasar para content creator, Rika—demikian ia akrab disapa—mendirikan BintanGO, yang merupakan perusahaan teknologi yang all-in-one CreatorSpace guna mempermudah para content creator dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka.

“Dalam membantu membuat konten untuk brand, saya kerapkali berhubungan baik dengan para pembuat konten. Sebab, saya bertanggung jawab untuk mencocokkan personal content creator dengan karakter brand yang tepat, serta berkolaborasi dengan keduanya dalam berbagai project,” cerita perempuan yang juga tercatat sebagai content creator.

Keputusan Rika menyasar content creator tak lepas dari booming-nya content creator dalam beberapa tahun terakhir. Bertumbuhnya content creator juga ditandai dengan banyaknya brand yang memanfaatan influencer marketing sebagai salah satu strategi pemasaran mereka.

Lebih jauh ia menceritakan, ide awal membangun BintanGO terealisasi ketika Rika bertemu co-foundernya Jason Lee, yang juga mantan co-founder dan CEO coworking space terbesar di Indonesia, CoHive, pada dua tahun lalu. Ketika itu, Rika tengah membantu Jason menghadirkan content creator untuk kebutuhan pemasarannya. 

“Kami menyadari bahwa berbagai teknologi yang sudah ada selalu berfokus pada bagaimana menangani masalah yang dihadapi brand atau pelaku bisnis. Namun pada kenyataannya, para content creator sebagai 'supplier' utama memiliki masalah yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, BintanGO merupakan upaya kami menjembatani masalah yang ada dalam membantu para content creator untuk bertumbuh mengiringi perkembangan industri yang kian pesat, memaksimalkan bisnis, dan meningkatkan revenue stream mereka,” terang Rika.

Ada dua hal utama yang diidentifikasi Rika sebagai akar masalah, yakni kurangnya edukasi dan dukungan finansial bagi content creator. Untuk menjawab hal tersebut, BintanGO menghadirkan CreatorSpace yang menawarkan solusi lengkap dan sebagai bagian dari upaya mengedukasi content creator tentang mengelola bisnis mereka sehari-hari serta bagaimana mereka dapat menjelajahi lebih banyak cara untuk mendapatkan aliran pendapatan.

 

CreatorSpace memungkinkan para kreator membuat invoice mereka dengan cepat, dilengkapi dengan pengingat untuk senantiasa dibayar tepat waktu. Selain itu, kreator juga dapat mengelola semua pendapatan mereka di seluruh platform seperti media sosial, influencer marketing platform, dan agensi dalam satu fitur CreatorWallet. Termasuk, mendapatkan rewards untuk setiap uang yang mereka peroleh,” urainya.

Bahkan, melalui CreatorSpace, content creator juga dapat mengeksplorasi berbagai cara guna meningkatkan monetisasi target audience-nya, dari para fans dan brand, hingga bergabung dengan komunitas. Dengan demikian, mereka dapat terus bertumbuh dalam sebuah komunitas content creator.

Sementara itu, sebagai upaya edukasi kepada para content creator, Rika melakukan tiga upaya. Pertama, edukasi langsung, seperti menggelar webinar dan Instagram Live, dengan mendatangkan komunitas BintanGO. Kedua, menggunakan aplikasi, email, webiste, dan notifikasi untuk berbagi tips dan trik.  Ketiga, menghadirkan creater tools.   

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)