Kendati secara akademis Pandu Setio tak pernah mencicipi ilmu kehumasan, namun kepiawaiannya mengembangkan program kehumasan sekaligus Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Sharp Electronics Indonesia tak perlu diragukan.
Pandu Setio, PR & CSR Manager PT Sharp Electronics Indonesia
Tengok saja salah satu kerja keras Pandu dalam membesarkan bendera CSR Sharp Indonesia, yang diberi nama SHARP CARES—kependekan dari Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity. Ya, program-program CSR di bawah bendera SHARP CARES terbukti membuahkan hasil.
Alhasil, pada Oktober 2010 lalu, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Mercubuana, Interstudy, dan Akademi Bank Indonesia itu meraih pengharagaan sebagai Best Employee dan berhak mendapatkan apresiasi berupa perjalanan ke Jepang. Bahkan, sejak April 2012, Pandu dipromosikan menjadi PR & CSR Manager PT Sharp Electronics Indonesia, hingga sekarang.
Diceritakan mantan Marketing Manager di perusahaan agensi model dan event organizer PT Ardhana Sarana Multimedia itu, membangun sekaligus mengembangkan Departemen PR dan CSR bukanlah perkara yang mudah. Salah satu tantangannya adalah ketika di awal Pandu harus memimpin Departemen PR.
“Tantangannya adalah bagaimana mengomunikasikan program ke internal, di mana perbedaan budaya menjadi salah satu penghambat. Termasuk, tantangan dalam menawarkan ide-ide serta cara mengimplementasikannya,” jelas Pandu, yang berharap mimpinya berkililing dunia dapat tewujud.
Tantangan itu pun dijawab Pandu dengan cara belajar memahami pola pikir dan budaya mereka (Jepang—red), untuk kemudian berusaha mengombinasikannya dengan budaya Indonesia.
“Dengan demikian, program dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan informasi serta program yang disampaikan dapat diterima dengan baik,” kisah Pandu, yang meyakini prinsip bahwa jika ia bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meraih hasil yang terbaik, maka semua yang diharapkan akan datang dengan sendirinya.
1 thought on “Pandu Setio, Pria di Balik Sukses Program PR dan CSR Sharp”