Pandu Setio, Pria di Balik Sukses Program PR dan CSR Sharp

Kendati secara akademis Pandu Setio tak pernah mencicipi ilmu kehumasan, namun kepiawaiannya mengembangkan program kehumasan sekaligus Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Sharp Electronics Indonesia tak perlu diragukan.

Pandu Setio, PR & CSR Manager PT Sharp Electronics Indonesia

Tengok saja salah satu kerja keras Pandu dalam membesarkan bendera CSR Sharp Indonesia, yang diberi nama SHARP CARES—kependekan dari Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity. Ya, program-program CSR di bawah bendera SHARP CARES terbukti membuahkan hasil.

Alhasil, pada Oktober 2010 lalu, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Mercubuana, Interstudy, dan Akademi Bank Indonesia itu meraih pengharagaan sebagai Best Employee dan berhak mendapatkan apresiasi berupa perjalanan ke Jepang. Bahkan, sejak April 2012, Pandu dipromosikan menjadi PR & CSR Manager PT Sharp Electronics Indonesia, hingga sekarang.

Diceritakan mantan Marketing Manager di perusahaan agensi model dan event organizer PT Ardhana Sarana Multimedia itu, membangun sekaligus mengembangkan Departemen PR dan CSR bukanlah perkara yang mudah. Salah satu tantangannya adalah ketika di awal Pandu harus memimpin Departemen PR.

“Tantangannya adalah  bagaimana mengomunikasikan program ke internal, di mana perbedaan budaya menjadi salah satu penghambat. Termasuk, tantangan dalam menawarkan ide-ide serta cara mengimplementasikannya,” jelas Pandu, yang  berharap mimpinya berkililing dunia dapat tewujud.

Tantangan itu pun dijawab Pandu dengan cara belajar memahami pola pikir dan budaya mereka (Jepang—red), untuk kemudian berusaha mengombinasikannya dengan budaya Indonesia.

“Dengan demikian, program dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan informasi serta program yang disampaikan dapat diterima dengan baik,” kisah Pandu, yang meyakini prinsip bahwa jika ia bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meraih hasil yang terbaik, maka semua yang diharapkan akan datang dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Pandu Setio, Pria di Balik Sukses Program PR dan CSR Sharp”

Saya sangat KECEWA SEKALI dgn pelayanan service Sharp. Pada bulan Februari 2015, saya membeli kulkas besar dgn kapasitas 700 liter, warna hitam 2 pintu. Pada bulan Mei 2015 ternyata kulkas tidak dingin sama sekali. Dengan susah payah, akhirnya sekretaris saya bisa menghubungi service center SHarp,, dan berapa hari kemudian teknisi datang ke lokasi,, setelah di telf lagi katanya ada modul yg harus di order dulu. Dengan waktu bulanan dan di telf berkali kali karena katanya spare part lg di order dan tidak kunjung datang, akhirnya setelah sekian bulan spare part itu baru ada. Setelah dicoba ternyata masih kulkas masih rusak dan sekarang lampu dalamnya mati. Kami dgn susah payah menghubungi kembali service center Sharp, dan brp minggu kemudian teknisi baru tiba ke lokasi. Kami coba kembali menghubungi service center Sharp tapi mendapatkan jawaban yg mengecewakan. Sampai hari ini , saya posting email ini, kulkas saya masih RUSAK. Pertanyaan saya, seperti ini kah pelayanan purna jual Sharp ? Saya akan coba tanya ke Bapak Tulus selaku ketua YLKI, standar pelayanan purna jual barang2 elektronik khususnya produk Sharp supaya di tinjau ulang. No telf pengaduan saya atas nama Gina 085217869003, atau saya di nomor telf 081382221716.
by Nina Gazali, 27 Dec 2015, 03:14

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)