People

Strategi Agus dan Revi Membangun Merek Tas Lokal RV

MIX.co.id – Melihat tren anak muda yang lebih senang membeli tas merek luar negeri dengan harga yang fantastis, pasangan suami-istri Agus Widodo dan Revi Rosiana Sari memutuskan untuk menghadirkan brand tas lokal RV (Reloas Victory) pada 2016. RV dihadirkan sebagai tas dengan harga yang terjangkau, namun kualitas yang tidak kalah dengan produk impor. “Range harganya pun mulai dari Rp 35 ribu – Rp 199 ribu,” ucap Agus.

Kendati harganya terjangkau, namun desain-desain tas yang dihadirkan selalu mengikuti trend terkini. Dalam urusan mendesain, Revi memegang kendali untuk mengamati tren yang ada. Selanjutnya, dari tren yang diamati itu, ia melakukan modifikasi. Hasilnya, dalam sebulan, RV bisa meluncurkan dua hingga empat model baru. “Untuk memproduksi tas ini, kami bekerja sama dengan satu konveksi di Jakarta,” ujar Revi, alumnus Universitas Indonesia ini.

Lantas, bagaimana dengan strategi penjualan RV? Dijawab Agus, “Untuk strategi penjualan, kami fokus di online. Salah satu alasan yang membuat kami masuk ke platform online atau digital, karena target pasar RV sudah terbiasa berbelanja online dan melek teknologi. Alasannya lainnya, agar lebih cepat dan mudah untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Saat ini, RV sudah hadir di semua platform marketplace dan sudah memiliki sekitar 200 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia.”


Sementara itu, untuk membangun brand awareness, RV memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan Tiktok. RV juga meng-endorse artis dan selebgram ternama untuk membangun brand awareness-nya.

Sementara itu, memanfaatkan momentum Harian Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12, RV juga telah menyiapkan program menarik Flash Sale Serba Rp 12 ribu. Revi mengungkapkan, di akhir tahun ini, RV ingin memberikan kejutan kepada pelanggan setianya. “Di kampanye 12.12, harga tas RV sama dengan 1 porsi seblak. Di RV dengan Rp 12 ribu sudah dapat tas cantik,” ucapnya.

Saat ini, merek RV telah menjual 900-10.000 piece per produknya. Per bulan, RV bisa mengirimkan sekitar 10 ribu paket yang dikirimkan ke seluruh Indonesia. “RB juga sudah punya dua outlet di Jakarta dan Bogor. Target kami ke depan, RV akan membuka satu cabang baru di Bekasi,” tutur Agus yang mengaku optimis mereknya bisa bersaing dengan brand-brand lokal lainnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

22 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

22 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

2 days ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago