Spoke Person of the Year 2019
Indonesia PR of the Year 2019
Di lingkungan jurnalis, sosok Sutji Lantyka sangat familiar. Bukan hanya karena posisinya sebagai Associate Director of Communication McDonald's Indonesia yang mesti hadir ketika ada event dengan awak media seperti konferensi pers, namun juga lantaran sikapnya yang “welcome” dengan para jurnalis.
Untuk konfirmasi berita, permohonan wawancara dengan direksi perusahaan, sampai dengan menanyakan jadwal konferensi pers, para jurnalis selalu menghubungi Sutji. Hal itulah yang membuat sosoknya sangat dikenal di kalangan jurnalis.
Ditanya soal kiat menjalin hubungan dengan awak media, menurut Sutji, intinya adalah konsistensi. “Menjalin hubungan dengan media itu diperlukan konsistensi serta keinginan yang kuat. Bukan hanya menjalin hubungan dari sisi profesionalitas, namun juga sisi personal,” jelasnya.
Ia selalu berusaha untuk menempatkan dirinya sebagai teman untuk media, dan selalu berusaha cepat tanggap dalam memenuhi kebutuhan rekan-rekan media. Bentuk kegiatan media relations yang dilakukan juga bermacam-macam. “Tapi intinya, dalam satu bulan harus ada pertemuan dengan media, baik itu melalui press conference, media lunch, media gathering, ataupun bertemu secara personal dengan teman-teman media,” urainya lagi.
Media, dalam pandangannya, memang terlihat bersaing dengan maraknya influencer saat ini. Namun, menurut Sutji, posisi media sebagai referensi untuk mencari berita teraktual belum dapat tergantikan oleh influencer, terutama dalam hal kredibilitas dan independensi. “Walaupun sekarang marak media yang hanya mengandalkan click byte, tapi saya percaya masih banyak media yang menjunjung tinggi nilai dari sebuah berita,” ungkapnya.
Media merupakan salah satu stake holder utama McDonald's, karena melalui media informasi serta pesan perusahaan disampaikan kepada publik. “Agar bisa mendapatkan dukungan dari media, maka sangat diperlukan hubungan yang kuat dan baik dengan rekan-rekan media,” pungkas Sutji Lantyka.