Siapa sangka di tengah happening-nya dunia digital dan gadget dengan berbagai macam teknologi terkini, peran pensil sebagai alat tulis masih menjadi primadona yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Perputaran bisnis alat tulis di Indonesia sendiri, termasuk pensil diperkirakan menembus angka di atas Rp 100 miliar. Itu pula yang mendasari seorang Yandramin Halim untuk terus berkiprah di industri alat tulis Tanah Air.
Yandramin Halim, Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia.
Pak Halim, sapaan akrabnya, adalah Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia yang juga memiliki andil besar dalam berdirinya perusahaan produsen alat tulis asal Jerman tersebut di Indonesia pada tahun 1990 silam. “Kala itu, bersama pihak Faber-Castell International, saya termasuk karyawan yang ikut andil saat pendirian perusahaan ini di Indonesia, dengan produk pertama waktu itu adalah pensil hitam,” kenang Halim yang mengawali karirnya sebagai Project Manager.
Lulusan Teknik Mesin di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1989 ini, adalah seorang pendidik yang ingin memberikan sumbangsih untuk negeri dengan menyediakan berbagai penunjang kebutuhan belajar. “Dulu saya mengajar, dan banyak memberikan les kepada murid, karena itu saya tidak asing dengan dunia pendidikan walau saya berlatarbelakang akademis non-pendidikan.” imbuh Halim saat ditemui MIX.
Kecintaannya terhadap dunia pendidikan anak-anak, membuatnya optimis bahwa eksistensi dan kebutuhan alat tulis akan tetap ada sekalipun zaman sudah semakin canggih. “Peran pensil sebagai alat tulis tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Walaupun perkembangan teknologi terus terjadi, tapi peran pensil sebagai salah satu alat utama manusia dalam tulis-menulis, tidak akan tergantikan,” tandas Halim.
Baginya, prestasi terbesar yang pernah ia terima selama berkarir di PT Faber-Castell International Indonesia, adalah ketika para pelajar yang menggunakan produknya bisa lulus ujian. “Selain itu, saya juga merasa bangga ketika konsumen ingat pensil, yang mereka ingat selalu brand Faber-Castell. Jadi tidak heran, bila dibandingkan dengan kompetitor lain, Faber-Castell merupakan market leader yang tidak tergoyahkan sejak 23 tahun,” tutup Halim mantap.