MIX.co.id - “Beyond Uncertain: be the New Artajasa” merupakan program yang dibesut divisi Corporate Communication dan Investor Relations yang bertujuan untuk menaikkan engagement dengan stakeholder dan shareholder demi mewujudkan citra positif (reputasi perusahaan) Artajasa di mata publik. Dengan jumlah SDM yang terbatas, tim ini mengakui mereka mendapatkan tantangan dalam eksekusi program PR yang lebih masif untuk menyasar berbagai lapisan targetaudience yang meliputi kalangan shareholders, regulator, media, pelanggan, akademisi, komunitas dan karyawan.
Juri Nurlaela Arief menilai tim corporatecommunications Artajasa telah berhasil menjelaskan aktivitas mereka dengan baik, termasuk dalam eksplorasi tantangan. Sebagai opening group, presentasi mereka dinilai lumayan dalam menyajikan program yang cukup strategis.
Presentasi tim ini di hadapan juri adalah rancangan strategi komunikasi yang terintegrasi antara program internal dengan eksternal. Internal communications antara lain diimplementasikan melalui program townhall meeting, makan siang bersama direksi, e-newsletter, employee relations, investor relations, webinar, dan podcast. Sementara komunikasi eksternal menempuh jalur customer relations, community relation, media & pers relation serta government relation.
Untuk mengamplifikasi pesan, tim menempuh beberapa saluran media. Antara lain earned channel (untuk investor relation, pelaksanaan survei kepuasan dan kesetiaan pelanggan serta RUPS Tahunan dan corporate actions). Media relations diselenggarakan dalam bentuk wawancara khusus dengan BOD, konperensi pers, media monitoring dan lain-lain. Selain itu mereka juga menempuh media berbayar antara lain event yang merupakan promosi bersama brand mitra, advertisement, dan sponsorship media.
Sepanjang 2022, kerja keras tim corcomm Artajasa ini menghasilkan output berupa total PR value sebesar Rp15 milliar, dan add value Rp3,7 miliar, serta 195 pemberitaan dengan 98%nya memberikan tonasi positif dan sisanya netral. Berdasarkan hasil coverage image social mediamonitoring, sepanjang tahun kemarin mereka juga berhasil mendapatkan engagement sebesar 103.417, dan outcome berupa customer satisfaction index dan customer loyalty index yang mengalami kenaikan secara signifikan dibanding tahun sebelumnya. (bin)