MIX.co.id - Berkembangnya teknologi dan dunia digital memunculkan sejumlah tantangan, seperti cyberbullying dan hoax. Di sisi lain, dunia digital juga dapat memberikan peluang yang lebih besar untuk berkarya bagi semua lapisan masyarakat. Antara lain, Generasi Z (Gen Z), yang merupakan kelompok demografis terbesar di Indonesia, yakni mencapai 75 juta orang (28%) dari total penduduk Indonesia. Sayangnya, survei menyebutkan bahwa 40% Gen-Z masih berliterasi rendah.
Berangkat dari fakta itu, Tri yang merupakan bagian dari Grup Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), menggelar program “Generasi Happy” pada 2022 lalu. Melalui program tersebut, Tri mengajak Gen-Z untuk memanfaatkan dunia digital secara positif dan kreatif.
Tim MarComm Tri yang dipimpin Galuh Neftita sebagai Group Head Brand & Marketing Communication, menggelar berbagai kegiatan untuk mensukseskan program “Generasi Happy”. Di bawah kepempimpinan Galuh, tim MarComm Tri terdiri dari M. Thoriq S. Husein yang membawahi Digital Marketing &
Engagement, Tines Priandini yang mengomandoi Media Strategy, Kevin Indra Wicaksana yang memimpin Brand & Communication Management, dan Yungni Mulyadi yang mengepalai Brand Activation & Visibility.
Rangkaian kegiatan yang dijalankan tim adalah serial talkshow bertajuk “Ini Waktunya Kita” di kanal Youtube Tri; kunjungan ke sekolah dan Universitas serta kompetisi video Generasi Happy; menggelar Festival Generasi Happy di Makassar, Bandung, Yogyakarta, dan Palembang; live TikTok di setiap kota roadshow festival; menggelar Generasi Happy TikTok Challenge; kolaborasi dengan media seperti Narasi; kolaborasi dengan KOL (Key Opinion Leader); kolaborasi dengan e-commerce Tokopedia; hingga memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).
Hasilnya, pada sepanjang program Generasi Happy, September-Desember 2022, terdapat penambahan jumlah pelanggan baru Tri sebesar 515.634. Selain itu, total PR value mencapai Rp 10,15 miliar. Bahkan, Skor Brand Equity Index Tri berdasarkan Nielsen, meningkat dari 2,6 menjadi 2,9.
Tim MarComm Tri pun berhasil meraih penghargaan MarComm Dream Team 2023 dari Majalah MIX MarComm, untuk kategori “MarComm Excellent Team”. Jojo S. Nugroho, Ketua Umum APPRI (Asosiasi
Perusahaan Public Relations Indonesia), yang juga salah seorang anggota dewan juri MarComm &
CorComm Dream Team 2023, mengungkapkan “Jargon Generasi Happy tercatat simple dan cukup tajam. Program ini relevan dengan Gen-Z yang menjadi target pasar.”