Group of Strategic Marketing and Communication (GSMC) di Bank DBS Indonesia merupakan lean organisation, di mana setiap anggota tim memiliki multiple responsibilities dan harus mampu bekerja sama dengan tim yang lain. Tim ini memiliki tanggung jawab dalam area Marketing, Branding, Sponsorship, Digital, Data & Analytics, Content and Creative, Force for Good, CSR & Internal Comms, PR, Awards, dan Community Relations.
Setiap campaign, project, atau tugas DBS dilakukan dengan pendekatan 360. Ambil contoh inisiasi gerakan #MakanTanpaSisa dalam kampanye “Towards Zero Food Waste”. Program ini mengutamakan data dan analisa secara kontinual, sehingga desain kampanye mampu meng-engaged, mengedukasi, sekaligus relevan bagi segmen market yang ditargetkan.
“Dengan strategi ini, kami berhasil berhasil mendapatkan lebih dari 21 juta digital engagements untuk konten edukasi campaign, dan donasi 8 ton makanan melalui Foodbank of Indonesia,” papar Mona Monika, Head of GSMC Bank DBS.
Bank DBS juga tercatat sebagai salah satu pioner lahirnya bank digital melalui digibank by DBS. Transformasi ini bukti bahwa respon tim DBS terhadap disrupsi teknologi bukan sekadar digital lipstic –meminjam istilah Mona, namun sudah menjadi digital to the core yang tidak hanya diadopsi di area produk dan service, namun juga diterapkan menjadi budaya kerja.
Jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi, Bank DBS telah secara gesit membangun kapabilitas teknologinya untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi. Tim GSMC juga secara tangkas mentransformasi cara bekerja agar tetap tetap mencapai tujuan, kendati terjadi perubahan pola kerja dan koordinasi dari tatap muka menjadi 100% jarak jauh.
Untuk menjaga dan mempererat keberlangsungan komunikasi serta memastikan semua tetap saling menjaga bahkan saat bekerja sendiri dari rumah, maka mereka menerapkan gerakan Together Movement yang juga dijalankan secara bankwide. Bagi anggota tim, perilaku yang dicanangkan adalah Talk – Organise – Grow – Express, sedangkan untuk para team leader atau people manager perilaku yang harus dilakukan yaitu Trust, Huddle, Empathize, dan Resourceful. Kedelapan perilaku ini wajib diimplementasikan sehari-hari selama bekerja jarak jauh agar komunikasi dapat tetap terjaga dengan baik. (Bin)
Tim MarComm Bank DBS Indonesia:
MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…
MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…
MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…
MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…
MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…
MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…