Bank DBS Indonesia “MarComm Effective Team 2021”

Group of Strategic Marketing and Communication (GSMC) di Bank DBS Indonesia merupakan lean organisation, di mana setiap anggota tim memiliki multiple responsibilities dan harus mampu bekerja sama dengan tim yang lain. Tim ini memiliki tanggung jawab dalam area Marketing, Branding, Sponsorship, Digital, Data & Analytics, Content and Creative, Force for Good, CSR & Internal Comms, PR, Awards, dan Community Relations.

Setiap campaign, project, atau tugas DBS dilakukan dengan pendekatan 360. Ambil contoh inisiasi gerakan #MakanTanpaSisa dalam kampanye “Towards Zero Food Waste”.  Program ini mengutamakan data dan analisa secara kontinual, sehingga desain kampanye mampu meng-engaged, mengedukasi, sekaligus relevan bagi segmen market yang ditargetkan.

“Dengan strategi ini, kami berhasil berhasil mendapatkan lebih dari 21 juta digital engagements untuk konten edukasi campaign, dan donasi 8 ton makanan melalui Foodbank of Indonesia,” papar Mona Monika, Head of GSMC Bank DBS.

Bank DBS juga tercatat sebagai salah satu pioner lahirnya bank digital melalui digibank by DBS. Transformasi ini bukti bahwa respon tim DBS terhadap disrupsi teknologi bukan sekadar digital lipstic –meminjam istilah Mona, namun sudah menjadi digital to the core yang tidak hanya diadopsi di area produk dan service, namun juga diterapkan menjadi budaya kerja.

Jauh sebelum  pandemi Covid-19 terjadi,  Bank DBS telah secara gesit membangun kapabilitas teknologinya untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi. Tim GSMC juga secara tangkas mentransformasi cara bekerja agar tetap tetap mencapai tujuan, kendati terjadi perubahan pola kerja dan koordinasi dari tatap muka menjadi 100% jarak jauh.

Untuk menjaga dan mempererat keberlangsungan komunikasi serta memastikan semua tetap saling menjaga bahkan saat bekerja sendiri dari rumah, maka mereka menerapkan gerakan Together Movement yang juga dijalankan secara bankwide. Bagi anggota tim, perilaku yang dicanangkan adalah Talk - Organise – Grow – Express, sedangkan untuk para team leader atau people manager perilaku yang harus dilakukan yaitu Trust, Huddle, Empathize, dan Resourceful. Kedelapan perilaku ini wajib diimplementasikan sehari-hari selama bekerja jarak jauh agar komunikasi dapat tetap terjaga dengan baik. (Bin)

Tim MarComm Bank DBS Indonesia:

  • Mona Monica, Head of GSMC Indonesia
  • Marketing, Branding, Sponsorship, Asian Insight: Caprina Natalia, Ratin N Rachmani, Tarida Fransiska
  • Digital Data Analitics & Creative Production: Vacant, Sugeng Nurjayanto, Raditya M Saputro, Marissa Regina, Senna Dio Tama
  • Force for Good Internal Comm: Sekar Adisty Prabandari, Jasmin Kania Aleyda M
  • PR, Awards & Community Relations: Dahlya Maryana
  • Admin/Comms Support: Retnadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)