MIX.co.id - Kampanye #MakanTanpaSisa yang digelar pada 2022 lalu, secara signifikan telah memposisikan Bank DBS Indonesia sebagai organisasi terpercaya, memberikan dampak nyata bagi masyarakat, serta menginspirasi orang lain untuk menjalani gaya hidup hijau dan berkelanjutan. Bahkan, awareness kampanye #MakanTanpaSisa mencapai 71% pada 2022 atau peringkat kedua di region tempat Bank DBS beroperasi.
Dipimpin Mona Monika sebagai Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia, kampanye #MakanTanpaSisa menjadi program kolaboratif dengan banyak mitra, dan telah digelar sejak 2020. Pada 2022, Food Impact (yang diukur dengan menghitung kelebihan makanan yang didistribusikan ulang, pengurangan limbah makanan, atau daur ulang dalam kilogram) mampu mencapai 56,596 kilogram atau tumbuh 241% jika dibandingkan tahun sebelumnya.
Kampanye #MakanTanpaSisa bertujuan untuk mendorong perubahan perilaku dan pola pikir masyarakat untuk mengurangi sampah makanan. Caranya, dengan mengadvokasi dan membangun kesadaran masyarakat tentang isu sampah makanan, melibatkan karyawan dan mengurangi limbah makanan dalam operasional bisnis Bank DBS, dan bermitra dengan partner untuk memperluas dampak.
Pada kampanye #MakanTanpaSisa, Tim MarComm Bank DBS mengeksekusi berbagai strategi. Antara lain, memanfaatkan media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dalam bentuk konten pendidikan; melibatkan KOL (Key Opinion Leader) untuk memanfaatkan gerakan #MakanTanpaSisa melalui konten yang menyenangkan dan menarik; membuat konten co-branding dengan mitra Kebun Kumara x Margalarva untuk berbagi tips pembuatan kompos; melibatkan media yang sedang berlangsung, termasuk keterlibatan berbicara di tingkat nasional/industri dan serangkaian konten pendidikan dalam kemitraan dengan media tingkat 1 dan juga kunjungan ke lokasi; hingga membuat dan mengirimkan eDM bulanan untuk menyorot menu aktivitas POP (People of Purpose) TZFW (Towards Zero Food Waste) untuk semua karyawan.
Hasilnya, Tim MarComm Bank DBS meraih penghargaan MarComm & CorComm Dream Team 2023 dari Majalah MIX MarComm untuk kategori “MarComm Excellent Team”. Dinilai salah seorang dewan juri, N. Nurlaela Arief, yang saat ini menjabat sebagai Director of Communication and Alumni Relations SBM ITB, kampanye #MakanTanpaSisa dari Bank DBS merupakan program yang unik dan otentik.