Pangan Aman Hidup Sehat

Winner

The Best Creative PR Program 2019

Program “Pangan Aman Hidup Sehat” sudah diinisiasi Danone Indonesia lewat brand-nya Nutricia, sejak 2016 lalu. Program tersebut bekerja sama dengan BPOM untuk mengedukasi masyarakat tentan pentingnya aspek keamanan pangan. Pada 2016, kampanye ini menyasar guru Sekolah Dasar (SD) tentang “5 Kunci Keamanan Pangan”. Selanjutnya, 2017, Nutricia mengedukasi media di Indonesia tentang “Pangan Aman, Hidup Sehat”. Kampanye ini digelar di dua kota, yakni Jakarta dan Medan.

Pada 2018, kampanye “Pangan Aman Hidup Sehat” digelar di Jakarta melalui format talkshow bersama media, dengan menghadirkan para pakar seperti akademis, nutrisionis, dan figur ibu. Pada kesempatan itu, Nutricia mengedukasi media tentang pentingnya ibu untuk menyadari kebutuhan akan pangan aman. Salah satunya, dimulai dengan mempersiapkan makanan yang dibuat sendiri di rumah.

Dalam rangkaian program “Pangan Aman Hidup Sehat”, Nutricia juga menggelar kompetisi foto untuk para blogger, dengan menggunakan hastag #MenuAmanPilihanIbu. Melalui kompetisi itu, Nutricia ingin mengajak para moms blogger untuk memposting pangan aman yang mereka makan setiap hari.

Objektif dari progam “Pangan Aman Hidup Sehat” adalah menciptakan pemahaman lebih mendalam tentang makanan yang aman dan hidup sehat. Objektif lainnya adalah mengedukasi lebih banyak masyarakat melalui media parenting, platform digital, dan komunitas. Selain itu, program “Pangan Aman, Hidup Sehat” diharapkan dapat berdampak jangka panjang.

Hasilnya, program ini diliput dan ditayangkan oleh 41 media nasional dengan konten pemberitaan yang positif. PR value yang berhasil didapatkan dari program ini adalah Rp 4,7 miliar. Angka itu jauh di atas investasi yang dikeluarkan Nutricia untuk program “Pangan Aman Hidup Sehat” yang hanya Rp 40 juta. ROI (Return of Investment) yang berhasil diraih dari program ini sebesar 13,49%.

Leave a Reply