Categories: Headline

Pertumbuhan Mobile Adv Indonesia Paling Cepat di Aspac

Indonesia merupakan salah satu pasar ponsel terbesar di wilayah ini. Menurut International Data Corporation, penetrasi mobile hampir 135 persen, dengan 28 persen pengguna internet mengakses web secara eksklusif melalui perangkat mobile mereka. Konsumen Indonesia juga sangat terlibat secara online.
Sebagian besar konsumen secara aktif menggunakan situs jejaring sosial, chatting, game, dan melakukan pembelian secara online. Dengan latar belakang rakyat yang semakin terhubung di Indonesia, ada segudang peluang bagi pemasar ketika datang untuk membangun hubungan yang bermakna dengan konsumen dengan ponsel.
Perkembangan tersebut berimbas pada praktek pemasaran di Indonesia. Belanja untuk media digital dan mobile perusahaan-perusahaan memang masih relative kecil dibandingkan dengan total keseluruhan belanja iklan. Namun yang menarik, Indonesia dan Indonesia merupakan dua negara yang memiliki pertumbuhan tercepat di Asia-Pasifik.
Di Indonesia, yang populasinya menduduki peringkat ketiga pasar terbesar Asia-Pasifik, total pengeluaran medianya tahun ini naik 22,0% menjadi $ 11,16 miliar atau hampir dua kali India. Bahkan diperkirakan, pada 2018, belanja iklan mobilenya mencapai $ 20 miliar, dan pertumbuhannya akan tetap berada di dua digit.
eMarketer memperkirakan iklan digital akan naik dari 4,7% dari total belanja tahun ini menjadi 20,4% pada 2018, tingkat yang juga diperkirakan untuk India.
Mobile juga masih merupakan sebagian kecil dari kue iklan di Indonesia. Iklan mobile hanya 0,2% dari total belanja media tahun ini, atau meningkat menjadi 2,8% pada tahun 2018.

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Airscream UK Hadir di JIVE Expo 2024, Ajak Pengunjung ‘Scream Out Load’

MIX.co.id – Airscream UK, merek vape atau rokok elektrik asal Briston, Inggris, semakin agresif meningkatkan…

18 hours ago

KGSB Kembali Gelar Pelatihan Psychological First Aid Batch II

MIX.co.id - Merujuk survey yang dilakukan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) 2022 lalu, 1…

22 hours ago

Foot Locker Gandeng IBL dan Umumkan Tiga Brand Ambassador

Brand Marketing Senior Manager Foot Locker Indonesia Vitra Widinanda, memberikan keterangan pers saat mengumumkan Brand…

1 day ago

Formula Gelar Kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan” di 2024

MIX.co.id - Merujuk audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, Sikat gigi Formula dari OT…

1 day ago

Penjualan Tembus 50 Ribu Pieces, Implora Luncurkan Peeling Gel Ukuran Besar

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…

1 day ago

Sharp Garap Pasar Smartphone di Bali

MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…

2 days ago