Dukung E-Commerce UMKM, Fortune PR Gandeng BISA

Pesatnya perkembangan teknologi kian berpengaruh terhadap perilaku konsumen di seluruh dunia, termasuk dalam melakukan transaksi belanja. Menurut rilisan agensi riset SAP yang berpusat di London pada Agustus 2013 lalu, responden di Asia-Pasifik kini mulai gemar berbelanja barang maupun jasa secara online (e-commerce), yaitu 70 persen, dalam 12 bulan terakhir ini. Angka tersebut hanya ‘kalah tipis’ dari preferensi responden untuk melakukan pembelian di tempat, sebanyak 73 persen.

Lewat basisnya di Singapura, Fortune PR menggandeng BISA dalam menyediakan solusi pemasaran bagi UMKM yang ingin memperluas bisnisnya ke jaringan global.

Dengan total pengguna internet sebanyak 63 juta atau sekitar seperempat dari populasi, Indonesia pun menunjukkan kecenderungan yang sama. Berdasarkan survei terpisah yang dilakukan oleh jaringan agensi media Mindshare mengenai motivasi online di 33 negara di seluruh dunia, Indonesia menduduki peringkat ke-13 dalam hal motivasi penggunaan media digital untuk transaksi komersil.

Tren tersebut tentu menuntut industri di Indonesia untuk mulai memanfaatkan berbagai macam teknologi untuk memudahkan para konsumen, antara lain teknologi digital/online. Tak terkecuali para pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Terkait hal tersebut dan sekaligus sebagai upaya menghadapi era Asean Economy Community (AEC) pada 2015, Fortune PR kini berkolaborasi dengan Business Indonesia Singapore Association (BISA) yang menyediakan layanan kantor bersama dan solusi pemasaran luar negeri melalui Singapura bagi UMKM yang ingin melebarkan sayap ke pasar global.

“UMKM di Indonesia berpotensi besar untuk menjadi merek terkemuka dunia, karena itulah kualitas dan kemampuan kompetitif harus ditingkatkan baik di pasar lokal maupun internasional. Diberikan kepercayaan untuk mendukung UMKM di Indonesia dengan berbagi pembekalan edukasi mengenai branding dan marketing, adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami. Kami berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan daya saing UMKM tanah air dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan usaha mereka,” ungkap Indira Abidin, Managing Director Fortune PR.

Sementara, di Pendiri BISA Stephanus Titus, mengatakan, “Singapura adalah pusat dagang di Asia Tenggara, sekaligus pintu gerbang menuju pasar mancanegara. Kami akan mendukung UMKM di Indonesia melalui keahlian dan layanan kami masing-masing.”

Lewat kantor cabangnya di Singapura, Fortune PR Singapore (FPRS), UMKM yang ingin merambah pasar Singapura atau kawasan Asia Tenggara lainnya, akan mendapatkan dukungan melalui rancangan strategi komunikasi yang tepat sasaran. Selain itu, FPRS juga turut mendukung UMKM Singapura yang ingin mengembangkan bisnis ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)