Telkomsel The #NEXTDEV, Best of The Best Corporate PR 2015

telkomselnextdev360 Program The #NEXTDEV dari Telkomsel menyabet penghargaan sebagai Best of The Best Corporate PR 2015

Program The #NEXTDEV dari Telkomsel menyabet penghargaan sebagai Best of The Best Corporate PR 2015 pada perhelatan Indonesia PR Program of the Year 2015.

Sebagai raksasa perusahaan telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel tertantang untuk turut berkontribusi mewujudkan Smart City atau kota pintar. Kota pintar adalah sebuah konsep penataan kota yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang tinggal di kota, dengan cara mengintegrasikan teknologi dalam segala aspek, termasuk pemerintahan, penduduk, kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Kota pintar yang sukses adalah yang dapat meningkatkan performa dan kesejahteraan, mengurangi biaya hidup dan konsumsi sumber daya, serta mendorong keterlibatan warga masyarakat secara lebih efektif dan efisien.

Sebagai langkah awal untuk menjawab tantangan itu, Telkomsel menggelar program The #NextDev yang sejalan dengan visi dan misi Telkomsel yang sedang bertransformasi menuju digital company. Melalui The #NextDev, Telkomsel mendorong para pengembang aplikasi dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum untuk memberikan kontribusi positif dalam memecahkan beragam permasalahan yang ada di kota dengan memanfaatkan teknologi informasi. Para pengembang aplikasi bisa memanfaatkan berbagai portal data terbuka yang disediakan oleh Pemerintah sebagai bahan pendukung.

Di bawah payung kampanye The #NextDev, Telkomsel mengeksekusi dua kegiatan, yaitu Digital Creative Indonesia Competition, sebuah kompetisi pembuatan aplikasi yang dikembangkan dari permasalahan kota dan pemecahan solusinya melalui aplikasi teknologi, baik mobile atau website. Tema aplikasinya adalah “Creating WOW Smart City Apps for Your City“. Pada kompetisi ini peserta dapat memilih sub tema aplikasi, seperti pemerintahan (e-Government), kesehatan (e-Health), pendidikan (e-Education), e-UKM, e-Tourism, dan e-Transportation.

Kegiatan lainnya adalah roadshow Digital Creative Indonesia di 10 kota—agar Telkomsel dapat ‘berdialog’ secara langsung dengan audience dan meningkatkan awareness pentingnya peran teknologi informasi yang terintegrasi. Roadshow yang ber-budget Rp 1 miliar itu juga sebagai salah satu cara Telkomsel dalam menyebarkan semangat kreativitas dan produktivitas di kalangan anak muda Indonesia dan khalayak luas, dan untuk menjembatani developer aplikasi dengan Pemerintah Daerah dalam mendapatkan akses data dan informasi yang dibutuhkan terkait kotanya.

The #NextDev sempat menjadi trendingtopic di jaga media sosial Indonesia. Kehadiran peserta di setiap kota tempat pelaksanaan The #Next Dev juga melebihi target. Tingginya minat peserta dalam kegiatan roadshow berimbang dengan jumlah submission untuk mengikuti kompetisi yang hingga 15 Juni 2015 telah mencapai angka 108 aplikasi smart city. Selain itu, program The #NextDev juga mampu mendulang PR Value sebesar Rp 674,1 juta. Juri Hifni Alifahmi menilai enam sub-tema WOW Smart City seharusnya bisa dikemas menjadi narrativePR untuk publisitas yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)