Menurut Forest Research, dibutuhkan usaha lima kali lebih besar untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada dibandingkan dengan mencari konsumen baru. Terkadang, perubahan kecil memiliki dampak besar terhadap bagaimana konsumen mempersepsikan kualitas pelayanan suatu perusahaan. Rocco Baldassarre, dalam artikelnya yang berjudul “ 10 ways PR Pros Can Make Clients Happy” yang dilansir di situs http://www.prdaily.com/ mengungkapkan 10 strategi bagi para brand manager untuk meningkatkan loyalitas konsumen:
1. Menghubingi Konsumen secara Berkala
Komunikasi membuat segalanya lebih mudah. Buatlah jadwal untuk menghubungi konsumen-konsumen Anda secara berkala. Berikanlah informasi mengenai bagaimana keadaan serta seberapa puas mereka terhadap pelayanan yang ditawarkan oleh brand Anda. Mintalah mereka untuk merating 1-10 terhadap kualitas pelayanan Anda.
Jika mereka tidak memberikan penilaian 10 terhadap pelayanan Anda, jangan tanyakan mengapa namun tanyakan apa yang menurut mereka bisa Anda lakukan agar dapat mencapai skor 10. Dan jika mereka memberikan nilai 10, tanyakan kepada mereka apa yang menjadi kekuatan brand Anda sehingga mereka tidak ragu memberi penilaian tertinggi.
2. Membuat Konten Berharga
Berbagilah insights pasar, opini, dan kesempatan-kesempatan yang mungkin belum disadari oleh konsumen Anda. Membuat konten yang bermakna akan menunjukkan bahwa Anda merupakan brand yang terbaik di antara kompetitor. Hal ini juga akan meningkatkan brand awareness para konsumen Anda. Konsumen tersebut juga akan lebih berkemungkinan untuk membagi konten atau merekomendasikan pelayanan Anda kepada koneksi mereka.
3. Menjadi Otoritas di dalam bidang Anda
Berusaha lah untuk menjadi perusahaan terbaik di segmen Anda. Jika orang-orang melihat brand Anda sebagai pimpinan di antara kompetitor, mereka akan cenderung lebih bertahan kepada brand Anda.
4. Membalas Email Secepat Mungkin
Selalu bahas email dalam kurun waktu 24 jam, atau jika memungkinkan, kurang dari satu jam. Akan lebih efektif jika Anda membalas dengan pernyataan bahwa Anda telah menerima email dan akan membalasnya secepat mungkin, dibandingkan dengan menunggu selama beberapa jam sebelum membalas email dengan detail yang panjang. Respon cepat menunjukkan bahwa Anda selalu siap sedia ketika konsumen atau konsumen menghubungi Anda.
5. Membuat Keputusan
Para konsumen menyewa jasa Anda karena mereka yakin bahwa Anda adalah ahli, oleh sebab itu Anda tidak boleh ragu dalam membuat keputusan yang terbaik bagi klien Anda.
Kepercayaan diri Anda akan terlihat dari cara berkomunikasi...