700 UMKM Berpartisipasi di Inisiatif #DukungUMKMKuliner

MIX.co.id - Mondelez Indonesia melalui rangkaian produknya—seperti OREO, Cadbury, dan keju KRAFT—kembali menghadirkan program #DukungUMKMKuliner. Program yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu mengusung tema “Berkelas Karena Kualitas”.

Parveen Dalal, President Director Mondelez Indonesia, menuturkan, “Semangat #BerkelasKarenaKualitas dipilih menjadi tema besar program #DukungUMKMKuliner di tahun ini. Sebab, berdasarkan hasil survei The State of Snacking tahun 2021 dari Mondelez International terungkap bahwa konsumen semakin selektif dalam memilih camilan, sehingga menjadikan persaingan di industri kuliner semakin ketat dan memberikan tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner.”

Lebih jauh ia menjelaskan, selama hampir tiga bulan penyelenggaraannya, inisiatif #DukungUMKMKuliner telah diikuti oleh lebih dari 700 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kuliner dari berbagai wilayah Indonesia. Secara umum penyelenggaraan inisiatif ini terbagi menjadi tiga rangkaian besar, yaitu pelatihan yang memberikan berbagai tips kreatif agar bisnis UMKM Kuliner naik kelas, kompetisi bisnis yang terbagi menjadi tiga kategori (Best Food Menu, Best Packaging Design, dan Best Marketing Promotion), serta konferensi pers sekaligus pengumuman pemenang kompetisi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno turut mendukung penuh inisiatif yang dilakukan Mondelez Indonesia. “Kami menyambut baik hadirnya inisiatif #DukungUMKMKuliner yang secara konsisten dihadirkan Mondelez Indonesia. UMKM kuliner menyumbang Rp 455,44 triliun atau sekitar 41% dari total PDB ekonomi kreatif di tahun 2020. Selain itu, subsektor ini juga menyerap tenaga kerja sebesar 9,5 juta orang, sehingga turut memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, mendukung kebangkitan UMKM sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN),” katanya.

Penyelenggaraan program #DukungUMKMKuliner di tahun kedua ini kembali bersinergi dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas Sahabat UMKM, GrabFood, NielsenIQ, Food Vlogger and F&B Business Owner MGDALENAF, serta Najla Bisyir selaku Owner & Founder Bittersweet by Najla.

Anindita Septadiani, Research Director NielsenIQ, menegaskan bahwa kebangkitan ekonomi pada industri UMKM juga didukung oleh temuan NielsenIQ dalam Household Spending Survey, di mana terdapat peningkatan alokasi pengeluaran rumah tangga untuk leisure activity, salah satunya untuk aktivitas makan diluar, dari 27% pada kuartal kedua (Q2) 2021 menjadi 30% dari total biaya pengeluaran rumah tangga pada Q2 2022.

“Agar bisa naik kelas, UMKM diharapkan jeli melihat peluang dan memahami perilaku konsumen dengan merumuskan strategi berkualitas, di antaranya dengan cara kolaborasi menu menggunakan produk berkualitas, memaksimalkan promosi digital dan layanan online delivery, serta berinovasi sesuai dengan tren yang sedang berkembang,” terang Anindita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)