Lima Dekade di Indonesia, Citi Dukung Pemberdayaan Segmen Muda

Memasuki lima dekade keberadaanya di Indonesia, akhir Agustus ini, Citi Indonesia (Citibank) melalui Citi Peka (Peduli dan Berkarya) sebagai payung seluruh kegiatan program Corporate Social Responsibility (CSR), kembali mengukuhkan komitmennya untuk mendukung penguatan kompetensi dan kapabilitas segmen muda Indonesia melalui implementasi lima program pada periode 2018-2019 bersama empat lembaga nirlaba terpilih.

Komitmen Citi tersebut diwujudkan dengan memberikan sekaligus menyerahkan grants dengan total US$ 1,06 juta. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Citibank yang diwakili Batara Sianturi dan Elvera N. Makki dan disaksikan oleh perwakilan OJK Tirta Segara dan Menteri PPN RI Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro, kepada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Mercy Corps Indonesia (MCI), Indonesia Business Links (IBL), dan Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Dikatakan CEO Citi Indonesia Batara Sianturi, sebagai bank berskala global yang hadir di lebih dari 160 negara dan yurisdiksi, misi Citi adalah enabling growth and economic progress bagi pemangku kepentingan, termasuk bagi masyarakat Indonesia. "Seiring dengan perayaan 50 tahun dedikasi Citi di Indonesia, kami mengukuhkan komitmen untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan ekonomi, utamanya bagi generasi muda penerus bangsa," ucapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa penyaluran grants kepada lembaga nirlaba, utamanya untuk program-program edukasi dan literasi keuangan yang selaras dengan tujuan edukasi masyarakat yang digariskan OJK. Sebut saja program Citi Microentrepreneurship Awards (CMA), Youth Sociopreneurship Initiative tahap ke-5, Digital Financial Literacy for Children tahap ke-3, Skilled Youth Program tahap ke-3, dan Creative Youth Entrepreneurs for Indonesian World Heritage Initiative tahap ke-2.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menerangkan, "Program yang dijalankan berfokus pada generasi muda Indonesia di bidang edukasi dan literasi keuangan, kesempatan ekonomi bagi generasi muda, pemberdayaan dan penghargaan terhadap pengusaha mikro dan institusi keuangan mikro, serta pengembangan industri kreatif anak muda di daerah wisata Indonesia antara lain di wilayah Candi Borobudur dan Prambanan (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara) serta Kota Tua Jakarta (DKI Jakarta)."

Komitmen Citi itu juga diperkokoh dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang dilakukan oleh CEO Citi Indonesia Batara Sianturi dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro.

Adapun nota kesepahaman melingkupi upaya-upaya dalam hal menurunkan angka pengangguran generasi muda Indonesia, meningkatkan kompetensi usia muda agar siap bekerja dan/atau berwirausaha sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan pasar kerja, serta merumuskan pemikiran, ide, dan gagasan dalam menyusun strategi, arah kebijakan, serta upaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan potensi kewirausahaan generasi muda Indonesia.

"Penandatangan nota kesepahaman dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia menguatkan komitmen kami untuk bersama-sama berusaha membantu mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi yang dihadapi oleh anak muda di Tanah Air," tutup Batara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)