Gandeng LooLa Adventure Resort, Rucika Lanjutkan Program “Safe Water Garden”

MIX.co.id - Tahun ini, Rucika kembali berkolaborasi dengan LooLa Adventure Resort. Kolaborasi tersebut untuk melanjutkan program pembangunan sistem sanitasi di Kampung Jentu, Desa Sentabai, Kalimantan Barat. Sebanyak 30 unit sistem sanitasi dibangun untuk memenuhi kebutuhan 30 rumah warga di pemukiman tersebut agar sistem sanitasi di sekitar menjadi lebih sehat. Sebelumnya, Rucika sukses menggelar proyek solusi sanitasi terpadu di Kepulauan Riau dan Bandung.


Kali ini, Rucika bersama LooLa Adventure Resort menggelar program Safe Water Garden (SWG). Program tersebut telah dilaksanakan sejak Juni hingga Juli 2022.

Dikirim langsung dari Jakarta, 30 sistem sanitasi untuk program SWG di Dusun Jentu, Desa Sentabai, Kalimantan Barat, telah diterima oleh 30 kepala keluarga setempat dan 4 sekolah umum. Hasilnya,bsaluran sanitasi menjadi lebih baik dan sehat,

warga pun dapat semakin produktif untuk bercocok tanam dengan memaksimalkan fungsi dari SWG.

Sandhy Kurniawan, CCSD & Marketing Division Head PT Wahana Duta Jaya Rucika, "Ini adalah ke-3 kalinya, kami dapat kembali mendukung program SWG di Indonesia. Kali ini, kami sangat bersyukur dapat berpartisipasi dalam program SWG di Dusun Jentu Kalimantan Barat, seperti hal nya di Kepulauan Riau dan Jawa Barat beberapa bulan lalu, di mana penduduk setempat sangat puas akan system sanitasi yang jauh lebih baik dengan adanya SWG ini."

Lebih jauh ia menegaskan, Rucika tidah hanya memperhatikan sistem saluran air bersih, namun juga sangat peduli dengan sistem sanitasi yang biasanya kurang diperhatikan oleh masyarapakt pada umumnya. Padahal sistem sanitasi ini merupakan salah satu hal yang sangat krusial dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik, bersih, dan sehat.

"Kelebihan SWG selain memberikan saluran air limbah yang terpadu, juga dapat menciptakan kegiatan yang produktif bagi masyarakat yang menerapkannya. Penyerapan limbah dapat menjadi pupuk, sehingga terciptanya kebun resapan yang dapat digarap oleh penduduk setempat sehingga mereka dapat menikmati hasil panennya. Kami berharap, Rucika dapat terus mendukung program SWG ini di lokasi lainnya di Indonesia," harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)