Inisiatif Berkelanjutan Pacific Place untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Program Pendampingan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) menjadi salah satu inisiatif sosial berkelanjutan yang digelar Pacific Place Jakarta sejak tahun 2015 lalu. Program hasil kerja sama Pacific Place dan PAUD Insitut itu, kini telah berhasil mendampingi 16 PAUD di wilayah Jakarta Selatan, dimana empat di antaranya baru dilakukan pada tahun ini.

Dikatakan Anhar, Advisor Corporate Social Responsibility (CSR) Pacific Place Jakarta, empat PAUD yang tahun ini mendapatkan program pendampingan dan menjadi PAUD binaan Pacific Place adalah PAUD Nurul Iman dan PAUD Al Ishlah Kelurahan Gandaria Utara serta PAUD Permata Bunda Kelurahan Cipete Utara dan PAUD Mawar Kelurahan Rawa Barat.

"Program ini kami jalankan sebagai bukti komitmen perusahaan dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) poin keempat, yaitu peningkatan kualitas pendidikan melalui implementasi program Pacific Place Care sejak tahun 2015. Komitmen ini sejalan dengan positioning Pacific Place sebagai perusahaan yang ramah anak," kata Anhar, pada hari ini (21/5), di Jakarta.

Ditambahkan Ketua PAUD Institute Danang Sasongko, program pendampingan ini berlangsung selama enam bulan dengan tiga program utama. Pertama, kegiatan pelatihan guru PAUD dengan sembilan modul, antara lain tentang kompetensi, motivasi, dan keterampilan. "Dengan mengikuyi kegiatan pelatihan itu, kami berharap para guru PAUD dapat mandiri dan berkualitas," harapnya.

Kedua adalah kegiatan Perenting untuk orangtua murid. Kegiatan ini dilakukan agar pendidikan bisa holistik integratif. Ada empat materi yang diberikan, seperti pentingnya PAUD, memberikan makanan bergizi, bagaimana orangtua mampu membuat media pembelajaran di rumah.

Ketiga adalah bantuan sarana dan prasarana untuk PAUD. Pacific Place memberikan bantuan sound system portable, alat permainan edukatif, dan papan nama PAUD. "Pada tahun 2019 ini, melalui program pendampingan 4 PAUD ini, ada lebih dari 200 orangtua, 37 guru, dan 200-an anak sebagai penerima manfaat dari program ini," papar Danang.

Diakui Anhar, tantangan dari program Pendampingan PAUD adalah kesejahteraan guru. Oleh karena itu, tahun ini Pacific Place mulai menggelar program peningkatan ekonomi guru bertajuk "Warung PAUD". Melalui program tersebut, Pacific Place memberikan bantuan modal untuk membangun warung sehat di sekitar PAUD. "Sebagai pilot project, kami telah menghadirkan Warung PAUD di Gandaria Selatan, Jakarta. Jika berhasil, kami akan melakukannya di PAUD yang lain," tutup Anhar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)