Dampak sampah plastik kini kian memprihatinkan, berbagai cara dilakukan untuk mengkampanyekan pengurangan plastik. Perhatian masyarakat Indonesia dan internasional tertuju pada sampah plastik, dengan segala dampaknya terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya.
Pemerintah Indonesia tengah menggalakkan berbagai program untuk mengatasi masalah sampah plastik di Indonesia. Antara lain, dengan mencanangkan program Gerakan Indonesia Bersih.
Jaringan waralaba Convenience Storemilik Wings Group, FamilyMart, turut ambil bagian untuk mendukung progam pemerintah Indoensia dalam mengurangi sampah plastik, yakni dengan meluncurkan gerakan #Change4Future pada hari ini (17/12), di Jakarta.
Dikatakan CEO FamilyMart Indonesia Wirry Tjandra, gerakan #Change4Future terdiri dari empat kegiatan, yakni Reduce, Reuse, Replace, dan Recycle. FamilyMart yang kini memiliki lebih dari 150 gerai FamilyMart di Indonesia telah berkomitmen menggunakan produk-produk ramah lingkungan guna mendukung target pemerintah untuk mengurangi sampah plastik hingga 70% pada 2025 mendatang.
"Sebagai inisiatif perdana, sedotan yang 100% terbuat dari bahan kertas, sedotan stainless, reusable cup, reusable bag, dan sendok garpu (spork) berbahan baku ampas kopi, akan diluncurkan dalam gerakan #Change4Future," tuturnyadi sela-sela seremoni peluncuran gerakan #Change4Future pada hari ini (17/12), di Jakarta.
Ia mengklaim, inisiatif itu menjadikan FamilyMart sebagai perusahaan retail Convenience Store pertama di Indonesia yang memperkenalkan bahan baku berasal dari alam sebagai pengganti plastik. “Kopi merupakan produk terlaris di setiap gerai FamilyMart di Indonesia, sehingga penggunaan sedotan plastik, dan cup, menjadi ikut tinggi,” ucap Wirry.
Lebih lanjut ia menjelaskan, FamilyMart pertama kali menawarkan produk kopi pada April 2017 dan hingga kini kami berhasil menjual kopi kepada lebih dari 2 juta pelanggan. “Jadi, dengan mengganti setiap produk plastik menjadi berbahan baku alami, kami harap dapat memberikan dampak yang cukup signifikan,” harap Wirry.
Senada dengan gerakan peduli lingkungan yang diusung oleh FamilyMart, Marischka Prudence yang akrab dipanggil Prue, seorang travel blogger dan aktivis pencinta lingkungan, menyatakan ketertarikannya untuk menjadi brand ambassador dari FamilyMart guna memerangi sampah plastik.
Kegelisahan Marischka saat melihat banyaknya sampah plastik yang mencemari lautan pertama kali dirasakan secara langsung waktu dirinya mengunjungi Kepulauan Seribu. Di sana ia melihat, bagaimana sampah plastik dapat bertahan hingga bertahun-tahun tanpa terurai di dalam tanah dan secara perlahan berdampak kepada biota laut dan hewan di sekitarnya.
Tak hanya di pinggir pantai sekitar kota besar seperti Jakarta, bahkan saat menyelam di laut Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, ia juga melihat ada sampah plastik di dalam laut. “Inilah yang membuat saya mendukung kampanye gerakan #Change4Future, yang saya yakini akan mengedukasi masyarakat untuk tidak menggunakan plastik lagi,” ujarnya.
Gerakan #Change4Future juga akan hadir dalamTVC khusus yang bercerita tentang penggunaan produk-produk berbahan baku alami yang dibuat bersama FamilyMart. Selain itu, FamilyMart juga memberikan potongan harga sebesar Rp 1.000 untuk setiap pembelian minuman dengan reusable cup FamilyMart Series.
“Tak hanya itu, pemotongan harga 25% untuk pembelian reusable cup juga akan diberikan bagi para pelanggan yang mengembalikan cup plastik dari gerai minuman kopi manapun ke gerai FamilyMart terdekat,” tandas Wirry.
Sebelumnya, FamilyMart telah meluncurkan tiga inovasi di bidang teknologi yang seluruhnya bertujuan untuk memudahkan konsumen dan penerapan cashless di tengah masyarakat. Tiga inovasi yang dinamai digital service, mencakup ordering kiosk, mobile app FamilyMart, dan self service payment.