Inisiatif YPA-MDR untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia

MIX.co.id - Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar Virtual Media Gathering bertajuk “Bergerak Bersama Majukan Pendidikan Indonesia”. Digelar pada hari ini (25/5), media gathering tersebut menyajikan dua acara utama, Bincang Edukatif dan Kunjungan Virtual Sekolah Binaan “Live Eduvlog”.

Dituturkan Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo, “YPA-MDR telah menjadikan SDGs sebagai salah satu acuan dalam menyusun program bantuan pendidikan, khususnya tujuan keempat dalam SDGs, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua melalui berbagai program pembinaan akademik dan non-akademik.”

Lebih jauh ia menerangkan, progam bantuan pendidikan yang sudah dan akan diberikan kepada sekolah-sekolah berlandaskan pola empat pilar pembinaan, yaitu akademik, karakter, seni budaya, dan kecakapan hidup yang terukur dan memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dan selaras dengan tujuan dari SDGs.

Astra melalui YPA-MDR berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di wilayah prasejahtera dan 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) untuk menciptakan generasi cerdas yang unggul serta memajukan daerahnya sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Pada kesempatan itu, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dr. Ir.Subandi, MSc menegaskan, “Kualitas Pendidikan perlu dikejar dan sama pentingnya dengan akses pendidikan. Salah satunya, dengan meningkatkan kualitas guru dan terima kasih kepada Astra – YPA-MDR untuk menjalankan program Guru Muda Garda Depan. YPA-MDR sangat sejalan dengan tujuan SDGs, di mana ada program untuk guru dan pembangunan karakter yang sangat penting dan dukungan ini sangat bermanfaat.”

 Herawati menambahkan, YPA-MDR berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia di wilayah prasejahtera melalui pola pembinaan empat pilar, yaitu akademi, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup yang adaptive, serta innovative dan berdampak. “Hingga saat ini pembinaan sudah dilakukan kepada lebih dari 1.500 guru dan 23.800 siswa,” ujarnya.

Saat ini, program bantuan pendidikan YPA-MDR telah menyentuh 112 sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK sebagai konsep Sekolah Eskalator dan tersebar di 13 Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Nusa Tenggara Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)