Lifebuoy Gelar Inisiatif Global “C untuk Cuci Tangan”

MIX.co.id - Memanfaatkan momentum Hari Cuci Tangan Sedunia, Lifebuoy kembali menggelar edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada masyarakat, khususnya anak-anak. Kali ini, Lifebuoy  mengusung inisiatif global, ‘C untuk Cuci Tangan’. Lifebuoy juga memanfaatkan berbagai kanal komunikasi, materi, dan program edukasi yang dekat dengan anak.

Dalam rangkaian program edukasi kali ini, Lifebuoy juga membantu persiapan aktivitas sekolah tatap muka terbatas melalui dukungan perangkat kebersihan di berbagai sekolah di Indonesia. Unilever melalui merek Lifebuoy memberikan materi edukasi dan perangkat kebersihan bagi 10.000 sekolah di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini sebagai bagian dari Public Private Partnership Handwashing with Soap (PPP-HWWS) Unilever.

Sementara itu, salah satu bentuk edukasi diwujudkan melalui webinar yang diselenggarakan hari ini (14/10). Pada kesempatan ini,  Lifebuoy menghadirkan sejumlah narasumber, seperti dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; Dra. Sri Wahyuningsih M.Pd, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia; Maulani Affandi, Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia; dr. Kanya Ayu Paramastri, SpA, Dokter Spesialis Anak; Saskhya Aulia, Psikolog; dan Titi Kamal, Brand Ambassador Lifebuoy.

Dijelaskan Maulani Affandi, Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia, “Meski situasi pandemi menunjukkan perbaikan, bukan berarti kita abai dan terlepas dari berbagai ancaman kesehatan. Penerapan pola hidup bersih dan sehat tetap harus dijalankan. Sebagai brand yang memiliki kepedulian terhadap perlindungan dan kebersihan masyarakat Indonesia, Lifebuoy terus mengedukasi dan memfasilitasi masyarakat utamanya anak-anak, untuk membiasakan kegiatan CTPS tidak hanya dengan baik dan benar, tapi juga dengan cara yang menyenangkan.” 

Melalui program CTPS yang telah dijalankan sejak 2004 lalu, lanjut Maulani, Lifebuoy telah berhasil mengedukasi lebih dari 105 Juta tangan bersih di Indonesia. “Tahun ini, kegiatan edukasi terus diperkuat melalui inisiatif ‘C untuk Cuci Tangan’,” ungkapnya.

Ditambahkan dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO, Direktur Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kegiatan CTPS sudah mulai diedukasikan dan dikampanyekan sejak lama, bahkan sebelum pandemi hadir. Inisiatif ini penting untuk diteruskan, karena aksi cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dapat mencegah penyebaran berbagai penyakit menular, bukan hanya Covid-19 tapi juga diare dan hepatitis. Berbagai penyakit ini dapat dicegah dengan CTPS.

“Terkait kemitraan Hari Cuci Tangan Sedunia penting untuk dilakukan, dengan menerapkan pentahelix yang melibatkan lima unsur penting, yakni pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, masyarakat, dan media massa,” ungkap dr. Imran.

Sebagai bagian dari kampanye ‘C untuk Cuci Tangan’, Lifebuoy juga menginisiasi sejumlah inisiatif edukatif dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan dampak yang lebih luas. Terkait edukasi, Lifebuoy memanfaatkan medium dan tokoh yang dekat dan disukai anak sehingga edukasi cuci tangan dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Bahkan, secara global, Lifebuoy berkolaborasi dengan tokoh favorit anak ‘Sesame Street’ untuk menghadirkan game digital yang menyenangkan. Game digital ini akan diperkenalkan pada sesi virtual edukasi terkait CTPS terbesar di dunia yang melibatkan hingga 50 negara, dan diselenggarakan pada peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di 15 Oktober 2021. Selain itu, Lifebuoy juga menggandeng pakar pendidikan guna menghadirkan E-Book Alfabetis yang edukatif serta melakukan penyertaan muatan pesan terkait CTPS pada film karya Anak Bangsa, ‘Nussa’.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)