SOFTEX CARE CLUB

Best of the Best Employee Volunteering

Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2019

Program sosial, pendidikan, dan lingkungan menjadi fokus kegiatan karyawan (employee) PT Softex Indonesia melalui wadah Softex Care Club (SCC) yang dibentuk pada 2016. Berbagai kiprah telah ditorehkan SCC sepanjang 2019 sebagai wujud tanggung jawab karyawan untuk menyebarkan virus-virus kebaikan yang membawa manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Untuk mendukung pendidikan di Indonesia, Softex bekerja sama dengan Happy Hearts Indonesia membangun sarana sekolah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Eforbia di Desa Batu Cermin, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, NTT. Sebanyak 14 volunteers dari SCC membantu proses rekonstruksi bangunan sekolah hingga melukis dinding sekolah PAUD untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Program serupa juga akan dilakukan pada dua gedung sekolah yang ada di Jabodetabek dan Banten hingga akhir tahun ini.

Kegiatan lain di bidang pendidikan diantaranya pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi, memberikan donasi buku pelajaran untuk perpustakan pada program “Gerakan Gemar Membaca”, serta edukasi kesehatan tentang reproduksi, menstruasi kepada kaum wanita. Sementara program kepedulian terhadap sosial dikemas lewat berbagai program, seperti kampanye pencegahan stunting (gagal tumbuh pada anak usia di bawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis), menyelenggarakan kegiatan trauma healing, serta mengunjungi panti asuhan/lansia Bina Grahiota, Anak Kesayanganku, dan Mekar BSD Lestari.

Sedangkan kepedulian terhadap lingkungan yang lebih baik, diwujudkan dalam acara Happiness Festival (27-28 April 2019) di Lapangan Banteng, Jakarta. Dalam acara ini, para karyawan memberi edukasi tentang bagaimana membuat sampah plastik menjadi benda-benda yang bermanfaat dan dapat digunakan sehari-hari, seperti tas, dompet, tas laptop, dan lain-lain.

Pengunjung Happiness Festival sangat antusias dalam mendukung “Reuse Your Plastic for Better Environment” ini, terbukti dengan banyaknya donasi yang diberikan untuk program ini, dan sebagai gantinya Sotex memberikan kenang kenangan berupa tumbler, stainless straw, dan recycle bag.

Dalam Rangka merayakan HUT kota Tangerang yang ke-26 dan Hari Peduli Sampah Nasional, SCC berpartisipasi dalam acara Softex Plogging Run yang diadakan di Lapangan Sukun Kota Tangerang, pada 31 Maret 2019. Acara yang diikuti 130 karyawan Softex dinilai sukses dan mendapat respon positif dari masyarakat dan pejabat pemerintah Kota Tangerang.

Softex Plogging Run 2019 merupakan bentuk keperdulian perusahaan terhadap permasalahan lingkungan terutama masalah sampah plastik. Acara terbilang unik karena mengkombinasikan dua kegiatan, kegiatan bersih-bersih lingkungan dimana karyawan membantu memungut sampah plastik di sepanjang jalan track 4 km dan dilanjutkan kegiatan berolahraga lari pagi. Selama acara berlangsung, karyawan berhasil mengumpulkan 165 kg sampah plastik yang selanjutnya sampah tersebut diserahkan kepada tim kebersihan Kota Tangerang untuk di daur ulang kembali. Termasuk pula donasi dari karyawan Softex untuk keperluan pembuatan fasilitas MCK di Karawang.

Dalam kampanye lingkungan “Sayangi Bumi, Let’s Go Green” para karyawan SCC membuat poster yang berisikan ajakan untuk tidak membuang sampah sembarangan, kurangi penggunaan sedotan dan tas plastik, membawa kotak makan/minum sendiri, menanam pohon di halaman rumah, dan membawa tas belanja sendiri. Para karyawan memampang poster di sejumlah lokasi keramaian.

Program employee volunteering yang dijalankan Softex dinilai juri Dr. Bayu Krisnamurthi sebagai program yang memiliki konsep/ide yang menarik dan komprhensif. “Kegiatannya baik, komprehensif dan dengan cakupan yang luas,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)