SOLUSI BISNIS UNGGUL BCA

The Best Social Marketing

Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2019

Solusi Bisnis Unggul BCA adalah program BCA yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan ekonomi. Sejak 2013, pilar Solusi Bisnis Unggul BCA telah diimplementasikan dengan menjalankan kemitraan bersama komunitas di sejumlah daerah.

Objektif dari program ini adalah membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Pengembangan program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong masyarakat agar mampu bertumbuh dan mencapai kemajuan secara mandiri. Dalam jangka panjang, program ini dapat mendukung peningkatan ekonomi nasional Indonesia.

Hingga 2018, sudah ada beberapa program kemitraan yang telah dijalankan dengan sejumlah komunitas. Kemitraan dengan komunitas adalah bentuk kontribusi BCA untuk pemberdayaan masyarakat lokal komunitas di daerah untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Fokus BCA dalam program Kemitraan dengan Komunitas adalah pemanfaatan potensi wisata berbasis komunitas. Keberlanjutan kemitraan BCA dengan komunitas dibentuk dalam Desa Wisata Binaan. Target dari program “Solusi Bisnis Unggul BCA” adalah daerah-daerah wisata di Indonesia.

Program “Solusi Bisnis Unggul BCA” yang sudah dijalankan dengan komunitas antara lain, Pengembangan Wirawisata Gua Pindul, Pengembangan Desa Wisata Pentingsari, Pengembangan Desa Wisata Tamansari, Pengembangan Desa Wisata Wukirsari, Pengembangan Desa Wisata Wukirsari, Pengembangan Desa Wisata Gemah Sumilir, Desa Wisata Tinggan-Badung Bali, dan Pendampingan Komunitas Code Margonda.

Pada Pengembangan Wirawisata Gua Pindul misalnya, BCA aktif mendukung upaya yang dilakukan Karang Taruna Gelaran II Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sejak 2012 lalu. Salah satu bentuknya adalah dengan memasang Electronic Data Capture (EDC) BCA sebagai alternatif sarana pembayaran pengunjung Gua Pindul dengan menggunakan sarana pembayaran elektronik seperti kartu debet, kartu kredit, dan Flazz.

Untuk mewujudkan kesinambungan dukungan, BCA juga mengembangkan soft skill dan bantuan dana untuk pembangunan sarana dan prasarana pengembangan Desa Wisata Wirawisata Goa Pindul berupa Joglo untuk pengunjung, Sekolah PAUD beserta perlengkapan seperti seragam dan buku pelajaran, serta beberapa pelatihan terkait pelatihan brand dan pemasaran online serta pelatihan kepemimpinan bagi segenap pengurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)