Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, Prudential Gelar Inisiatif “Community Investment”

MIX.co.id - PT Prudential Life Assurance melalui inisiatif Community Investment secara berkelanjutan memnggelar sejumlah pelatihan literasi keuangan kepada sejumlah target yang sangat potensial untuk berkembang dan berperan penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. Antara lain kepada  perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah, dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Komitmen Prudential atas literasi keuangan ini juga untuk menyukseskan Bulan Inklusi Keuangan 2021 & Hari Asuransi 2021 pada sepanjang Oktober.

Saat ini, nilai indeks inklusi keuangan Indonesia dilaporkan sudah mencapai 76,19 persen, melampaui target Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI),  yaitu sebesar 75 persen. Sayangnya, indeks literasi keuangan di Indonesia, baru mencapai 38,03 persen. Diungkapkan Indrijati Rahayoe, Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia, “Masih terdapat kesenjangan yang cukup besar antara indeks inklusi dan literasi keuangan.”

Untuk itu, menurutnya, Indonesia perlu mengatasinya dengan membekali masyarakat pengetahuan guna  membuat keputusan keuangan yang cerdas dan memahami berbagai pilihan perencanaan keuangan yang tersedia, seperti perlindungan asuransi untuk keluarga. “Pemahaman keuangan harus kian ditingkatkan, terutama dalam kondisi pandemi yang menyebabkan berbagai tekanan dan ketidakpastian ekonomi,” kata Indrijati.

Prudential Indonesia melalui berbagai program Community Investment terus melatih kemampuan pengelolaan uang bagi para perempuan, anak-anak sebagai generasi penerus, komunitas ekonomi Syariah, hingga pelaku UMKM. “Tujuannya, agar mereka dapat memiliki perencanaan keuangan yang sehat dan bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya,” lanjutnya.

Lebih jauh ia menerangkan, Community Investment Prudential Indonesia telah melakukan berbagai rangkaian inisiatif yang strategis guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia. Pertama, edukasi literasi keuangan untuk perempuan yang telah digelar sejak 2009 dan hingga September 2021, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 41.000 perempuan.

Kedua, edukasi literasi keuangan untuk anak melalui program Cha-Ching. Program ini merupakan program literasi keuangan untuk anak usia 7-12 tahun yang dikembangkan oleh Prudence Foundation. Hadir sejak 2012 dengan format menarik bagi anak melalui platform digital, yang kemudian berkembang seiring waktu menjadi modul pembelajaran tambahan di berbagai sekolah untuk mengajarkan empat kunci utama konsep pengaturan keuangan sehari-hari, yaitu Peroleh (Earn), Tabung (Save), Belanjakan (Spend), dan Sumbangkan (Donate). Merespons pandemi, Prudential Indonesia meluncurkan Cha-Ching Kid$ at Home, sehingga anak tetap dapat belajar pengelolaan keuangan dari rumah.

Ketiga, edukasi literasi keuangan untuk komunitas ekonomi syariah. Edukasi berkelanjutan ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan demi terjaminnya kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui roadshow dengan masyarakat ekonomi syariah (MES) sejak 2014 dan hingga kini telah menjangkau hampir 28.000 masyarakat.

Keempat, edukasi literasi keuangan untuk pelaku UMKM. Prudential Indonesia memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM dengan mengadakan webinar edukasi literasi keuangan yang memfasilitasi mereka dengan materi-materi pengelolaan bisnis, dan menghadirkan sosok pemilik bisnis untuk menginspirasi. Program ini ditargetkan menjangkau 800 pemilik UMKM hingga akhir tahun ini.

“Selama Bulan Inklusi Keuangan, seluruh kegiatan edukasi secara intensif dilakukan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam format virtual di lingkup nasional. Selain itu, sejak akhir Desember 2020, Prudential Indonesia juga secara aktif melakukan edukasi literasi keuangan, khususnya yang terkait dengan literasi asuransi melalui sosial media dan media online. Hingga kini, inisiatif literasi asuransi tersebut telah menjangkau lebih dari 2,38 juta masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)