Transformasi digital MONITA oleh Petrokimia Gresik membawa efisiensi luar biasa dalam pengelolaan tagihan, menurunkan keluhan hingga 93%.
.
.
Transformasi pemasaran PT Petrokimia Gresik menjadi contoh penting dalam meningkatkan nilai bagi pelanggan. Melalui pengadopsian strategi digital, perusahaan ini mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kampanye pemasaran, memanfaatkan data dan teknologi canggih.
Salah satu aspek kritis dari transformasi ini adalah peningkatan perjalanan pelanggan, yang terfokus pada pemahaman dan peningkatan pengalaman pelanggan di setiap titik sentuhan, baik online maupun offline.
Integrasi saluran pemasaran juga menjadi langkah strategis PT Petrokimia Gresik, mengkombinasikan efektivitas saluran offline dan online untuk menciptakan sinergi yang memperkuat capaian pasar. Evaluasi dari transformasi pemasaran terlihat dari bagaimana perusahaan ini mengukur hasil dari strategi yang dijalankan, menilai kesuksesan berdasarkan pencapaian tujuan dan respons pasar.
Dalam meningkatkan nilai bagi pelanggan, PT Petrokimia Gresik juga menerapkan transformasi dalam layanan dan supply chain. Program Agroman dan pengembangan Web Monitoring Tagihan Jasa Distribusi (MONITA) adalah dua inisiatif yang menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengoptimalkan layanan dan operasional. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penanganan yang lebih baik atas keluhan dan peningkatan kualitas layanan secara keseluruhan.
MONITA merupakan sistem inovatif dari PT Petrokimia Gresik yang dirancang untuk memodernisasi dan meningkatkan efisiensi rantai pasokan, khususnya dalam monitoring tagihan jasa distribusi. Dengan implementasi MONITA, tercatat penurunan keluhan yang signifikan hingga 93%, menandakan peningkatan kepuasan pelanggan.
Sistem ini memberikan keunggulan dalam pelacakan tagihan secara real-time dan menawarkan transparansi yang lebih besar untuk pengguna. Melalui barcode yang terpasang pada setiap dokumen, MONITA memungkinkan pemantauan yang akurat dan meminimalisir kesalahan dalam proses penagihan.
Namun, untuk memastikan bahwa MONITA terus memberikan hasil yang optimal, penting untuk melakukan evaluasi dan penyempurnaan secara berkelanjutan, termasuk memastikan kecepatan dan akurasi update, mengatasi isu dokumen yang tidak lengkap, memperbaiki kesalahan tarif, dan meningkatkan proses penanganan keluhan.
MONITA, aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Petrokimia Gresik, telah berhasil mengubah landskap pengelolaan tagihan dalam rantai pasokan perusahaan. Inisiatif ini bukan hanya tentang teknologi, tapi juga tentang bagaimana teknologi itu diterapkan untuk mengatasi masalah nyata yang dihadapi pelanggan dan perusahaan.
Melalui MONITA, PT Petrokimia Gresik menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan layanan pelanggan dengan memperkenalkan sistem yang memungkinkan pemantauan tagihan menjadi lebih transparan dan efisien.
Sebelum implementasi MONITA, ada berbagai tantangan dalam pengelolaan...