Konten merupakan kunci utama dari sukses-tidaknya strategi pemasaran yang sudah dijalankan. Jika website perusahaan Anda dihadapkan pada tingkat percakapan yang rendah, maka content marketing atau konten pemasaran dapat menjadi jawabannya. Sejatinya, content marketing adalah seni untuk menangkap potential market maupun revenue. Oleh karena itu, penting bagi marketers untuk menciptakan sebuah platform content marketing yang berkelanjutan untuk bisnis perusahaan.
Ada 10 tips untuk menciptakan content marketing yang efektif, seperti yang diungkapkan Sthiti Prangya pada National Edition.
1. Cobalah untuk Natural
Saat merancang content marketing di website perusahaan, marketers atau pemasar harus mampu membuat konten yang natural sekaligus sesuai dengan karakter brand dan perusahaan. Oleh karena itu, dalam membuat video untuk dipasang diwebsite, pilihan gaya bicara hingga kostum harus dibuat senatural mungkin.
2. Perhatikan Goal Akhir
Dalam merancang content marketing sebuah website, marketers harus mampu memlihat goal akhir dari rencana yang sudah dibuat. Itu artinya, marketers harus selalu tahu tujuan dari konten yang sudah dibuat. Jika marketers sudah mengetahui objektif dari konten, maka mereka akan tahu audience mana yang akan dibidik. Itu sebabnya, penting bagi marketers untuk menjelaskan objektif dan goal akhir kepada copywriter yang akan merancang content marketing.
3. Commanding Calls Harus Membuahkan Action
Penting bagi marketers untuk memiliki Commanding Calls yang sangat jelas, hingga dapat berujung pada action atau tindakan konsumen. Contohnya, kalimat 'kunjungi website kami' yang tertera pada layar website perusahaan akan lebih berpengaruh dibandingkan dengan kalimat 'Anda dapat mengunjungi website kami’. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk menampilkan kalimat yang sifatnya memerintah atau mengajak audiens untuk melakukan langkah atau tindakan berikutnya.
4. Menjaga Konsistensi
Bagaimanapun juga untuk menciptakan konten di situs atau Web perusahaan—termasuk video iklan--marketers harus memiliki formula yang konsisten. Formulanya antara lain mulai dari pengenalan singkat secara umum, kemudian diikuti dengan tujuan konten. Langkah selanjutnya, marketers harus memahami masalah dan menemukan solusinya, untuk kemudian mengambil tindakan nyata.
5. Buatlah Konten yang Sederhana
Tidak ada audience yang suka membaca tulisan panjang dan penuh. Itu sebabnya, video panjang menjadi tidak efektif. Orang lebih suka melihat 5 video yang berdurasi 2 menit lebih panjang dibandingkan 1 video yang panjangnya 10 menit. Begitu juga dengan halaman tulisan. Jadi, cobalah untuk meringkas poin utama dari pesan brand Anda yang akan ditayangkan di halaman website.
6. Buatlah Konten yang Atraktif
Halaman hitam dan putih akan membosankan dan tidak akan menarik hati pengunjung baru. Untuk membuat orang lain mengunjungi website perusahaan, marketers harus sanggup membuat halaman website yang sangat menarik. Tidak hanya warna-warni, tetapi halaman website juga harus penuh dengan foto dan video.
7. Gunakan Social Media
Social media sangat powerful untuk membuat atau menghancurkan nama perusahaan Anda. Oleh karena itu, marketers harus mampu manfaatkan social media secara maksimal, dengan senantiasa berbagi posting misalnya.
8. Perlu juga Berbagi Konten Informal
Penting bagi marketers untuk juga berbagi konten informal, selain hanya memposting informasi tentang perusahaan atau brand. Jika marketers mampu berbagi dan menyajikan sejumlah cerita menarik dari industri yang digeluti perusahaan, maka orang akan tertarik untuk melihat website Anda. Termasuk, menyajikan beberapa fakta menarik tentang perusahaan atau cerita di balik bagaimana produk diproduksi.
9. Frekuensi Posting Harus Stabil
Jika setiap hari Anda memposting terlalu banyak, maka orang akan mulai kehilangan minat melihat website perusahaan Anda. Oleh karena itu, tetaplah stabil dalam memposting informasi di layar website, sebagai strategi jangka panjang content marketing Anda.
10. Jangan Pernah Meminta Audience untuk Sharing
Jangan pernah meminta audiens untuk berbagi konten. Terlebih, ketika audience sudah menganggap konten website Anda bernilai.