Sebagai bentuk dukungan program pemerintah Road to 8 juta UKM pada tahun 2020, Kemenkominfo bekerja sama dengan situs belanja online Blanja.com, Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA), dan Pemerintah Daerah mengadakan program bersinergi dalam rangka mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai“The Digital Energy of Asia”, antara lain dengan melakukan edukasi terhadap pelaku UKM Indonesia.
ilustrasi.
Septriana Tangkary selaku Direktur Pemberdayaan Informatika, menyatakan Indonesia tercatat memiliki 57,9 juta pelaku UKM. Untuk itu, UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada produk Domestik Bruto Nasional.
Sebagai langkah awal dalam program tersebut, Kemenkominfo, idEA, dan Blanja.com bersinergi untuk Satu Juta UKM Go Online melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia. Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi adalah kota-kota yang telah selesai melaksanaan ini. Dari ke-5 kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1500 UKM lokal yang siap Go Online. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. Edukasi dan pelatihan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan setempat.
“Melalui sinergi Edukasi UKM Go Online ini, kami berharap UKM bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online, sehingga komitmen pemerintah dengan program 1 juta UKM dapat memberikan dampak yang optimal terhadap perekonomian daerah.” tambah Fikri, Vice President Blanja.com.
Mengusung tagline “#BLANJAjemputUKM” untuk roadshow ini, Blanja.com berharap UKM bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional. “Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Tak hanya itu, kami juga mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar produk mereka dapat bersaing,” lanjut Fikri.