Accor Group berkolaborasi dengan Alia Wisata Travel, Abacus, dan Mandiri Group (Bank Mandiri) mengumumkan kerjasama untuk mengadakan pameran akbar Abacus Travel Fair dan Mandiri International Islamic Expo ke-10 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan-Jakarta pada 21–23 November 2014. Ditargetkan kedua pameran tersebut akan mampu menyedot 90.000 pengunjung.
Accor Group dan Abacus gelar Travel Fair dan Islamic Expo
Dikatakan Managing Director Abacus Iswandi Said, kedua pameran yakni Abacus Indonesia Travel Fair dan Mandiri International Islamic Expo diklaim sebagai event travel terbesar dan terakhir di tahun 2014. “25 travel agent dan 12 airlines nasional dan international akan turut meramaikan pameran selama tiga hari ini,” tegasnya.
Abacus sendiri merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang memiliki sistem yang mampu menyediakan fitur-fitur dan akses informasi perjalanan wisata melalui beragam teknologi terkini. Keterlibatan Abacus, sebut Iswandi, karena selama ini Abacus yang selalu mendukung setiap travel fair yang digelar di Indonesia. “Kini, waktunya kami yang selenggarakan sendiri,” tambahnya.
Saat disinggung soal target, Iswandi mematok, “Untuk target penjualan pada Abacus Travel Fair diharapkan mampu menembus angka Rp 85 miliar di tahun penyelenggaraan pertama ini (2014).”
Bicara tentang Mandiri International Islamic Fair, Iswandi menuturkan bahwa pameran yang menyelenggarakan paket wisata umroh dan haji tersebut merupakan pameran yang ke-10 yang sudah establish menjadi pameran wisata umroh dan haji terbesar yang turut melibatkan member tiga asosiasi, yaitu Asperindo, Amphuri, dan Asita. “Setiap tahun selalu ada peningkatan jumlah pengunjung dan peserta dengan rata-rata 10%, serta peningkatan penjualan tiket yang juga selalu lebih tinggi dua kali lipat,” urainya.
Adi Satria, Vice President Sales, Marketing and Distribution Accor Indonesia Malaysia Singapore, mengatakan, “Selama expo berlangsung, Accor juga akan menampilkan jaringan hotel yang dimiliki dari setiap segmen, mulai dari jaringan hotel Ibis di segmen ekonomi, hingga MGallery di segmen atas.”
Selain itu, terkait kesiapan Accor untuk Mandiri International Islamic Fair, menurut Adi, sudah 100 persen siap. Bahkan, Accor menyiapkan jaringannya di Timur Tengah, termasuk destinasi ibadah seperti Mekkah dan Madinah.
Dari sisi campaign, Accor melakukan berbagai kegiatan di sosial media untuk mendongkrak awareness kedua pameran wisata tersebut. Selain melalui sosial media, Accor juga menggandeng Mandiri Group untuk aktif dalam menginformasikan kepada publik di sosial media miliknya. Tak ketinggalan, aktivasi digital lewat Apps Photo Contest pun menjadi ajang untuk mengedukasi konsumen maupun para traveller, baik di segmen business dan pleisure.