Juli Durante, seperti yang dirilis oleh Business2Community.com, memprediksi bahwa ada lima jenis saluran marketing yang tidak boleh terlewatkan oleh pemasar di era digital. Kelimanya adalah konten advetorial, konten visual di media sosial, Internet of Thing, mobile, dan SEO (Search Engine Optimization).
Tak mengherankan, jika para pemasar berlomba-lomba memanfaatkan digital dan social media sebagai tools pemasaran mereka. Terutama, brand-brand yang menyasar target market youth atau anak muda—yang notabene begitu akrab dengan media digital dan social media.
Langkah itu pula yang dilakukan oleh Bodrex, merek obat sakit kepala keluaran Tempo Scan yang akhir tahun 2015 lalu genap berusia 45 tahun. Sebagai brand yang berusia senja sekaligus heritage, Tempo Scan merasa perlu untuk tetap membuat Bodrex tampil remaja, alias awet muda. Tentu saja, langkah peremajaan tersebut juga untuk makin memperkuat posisi Bodrex yang saat ini masih menjadi market leader di pasar obat sakit kepala.
Ya, dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, Paramex yang merupakan brand keluaran Konimex, Bodrex termasuk brand yang paling aktif berkomunikasi. Dede Yusuf, sebagai aktor yang didaulat selama 17 tahun menjadi brand ambassador Bodrex pun mampu memperkuat citra Bodrex sebagai brand yang terpercaya. Karir politik Dede yang cemerlang, di mana ia pernah menajdi Wakil Gubernur Jawa Barat, tentu saja membawa dampak positif bagi brand Bodrex. Belum lagi, jingle dan iklan Bodrex yang begitu kuat yang menggambarkan pasukan baris berbaris Bodrex, makin memperkuat brand Bodrex di pasar obat sakit kepala.
Sebagai market leader, tentu saja Bodrex tak berpuas diri. Langkah rejuvinasi seperti dinilai Tempo Scan dapat memperluas market Bodrex ke segmen anak muda (youth). Oleh karena itu, bertepatan dengan usianya yang ke-45 tahun, pada Desember 2015 lalu, Bodrex menggelar kampanye “Menangkan Harimu”. Melalui kampanye itu, Bodrex mencoba memberikan apresiasi kepada para veteran yang telah berjuang demi bangsa—yang dalam hal ini mewakili segmen orangtua—serta menginspirasi anak muda yang mewakili segmen youth.
Kampanye tersebut diimplementasikan lewat TV Commercial 45 detik, yang menandakan usia 45 tahun Bodrex. “Gerakan Menangkan Harimu atau #Menangkanharimu adalah sebuah gerakan inspiratif yang berusaha mengajak setiap anak muda Indonesia untuk melangkah bersama dan pantang menyerah dalam memenangkan hari serta mencapai kesuksesan,” ujar Direktur Tempo Scan Aviaska D. Respati.
Menurutnya, gerakan “Menangkan Harimu” adalah bentuk komitmen Bodrex kepada anak muda sebagai motor penggerak perubahan, untuk terus maju mewujudkan cita-cita, pantang menyerah dalam menghadapi tantangan dengan semangat merah putih yang selalu ada di hati dan pikiran anak bangsa.
Ide gerakan #Menangkanharimu, diakuinya, memang diarahkan bagi anak muda yang selalu dituntut untuk berperan sebagai agent of change. Gerakan ini merupakan sebuah bentuk perubahan terkonsep ke arah masa depan yang lebih baik dan menjadi teladan bagi masyarakat untuk memperjuangkan impiannya.
Gerakan #Menangkanharimu turut didukung sejumlah tokoh yang berprestasi. Di antaranya, Livi Zheng, seorang filmmaker, martial artist, dan sutradara muda Indonesia yang mengembangkan karirnya di Amerika Serikat. Livi turut mendukung dan memberikan aspirasi kepada anak muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam gerakan tersebut dan mengejar mimpinya. Mewakili kalangan muda adalah content creator dan artis vidgram Benazio Putra, yang lebih dikenal dengan nama Benakribo. Berbekal keahliannya, Benakribo mengajak generasi muda Indonesia untuk maju dan berani menyuarakan apa yang mereka impikan.
Selain kedua tokoh tersebut, aktor sekaligus anggota DPR RI, Dede Yusuf yang selama 17 tahun menjadi brand endorser Bodrex, turut dilibatkan dalam kampanye tersebut. Selain brand ambassador, tentu saja Dede Yusuf mewakili segmen orangtua dan dewasa, yang selama ini menjadi pelanggan setia Bodrex.
Gerakan #Menangkanharimu, ditambahkannya, dapat diakses di portal atau situs www.bodrex.com/menangkanharimu dan diamplifikasi lewat akun facebook Bodrex maupun YouTube. “Di portal itu, setiap orang dapat menyaksikan inspirasi dari berbagai tokoh nasional. Selain itu, di portal komunitas itu, masyarakat khususnya generasi muda, dapat pula berbagi kisah inspiratifnya. Kisah terbaik yang terpilih akan berkesempatan mengikuti workshop dari tokoh inspiratif,” paparnya.
Melalui Gerakan #Menangkanharimu, ditambahkan Aviaska, Bodrex berharap dapat mendampingi masyarakat, khususnya generasi muda untuk terinspirasi dan pantang menyerah dalam memenangkan hari dan mencapai impiannya.
Kampanye #Menangkanharimu tak hanya diwujudkan lewat TVC, website, maupun social media. Kampanye tersebut juga dintegrasikan ke kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Melalui program CSR #Menangkanharimu Bodrex menyerahkan bantuan berupa lima unit mobil Ambulans Bodrex Reaksi Cepat di lima kota, yaitu RSCM Jakarta, RS Hasan Sadikin Bandung, RS Kariadi Semarang, RS Sardjito Jogya, dan RS Dr Soetomo Surabaya.