Produktivitas Indonesia dalam penerbitan buku masih tergolong rendah. Dalam setahun hanya sekitar 18 ribu judul buku baru yang diterbitkan. Sementara Jepang 40 ribu judul, India 60 ribu judul, dan China 140 ribu judul. Berdasarkan fakta tersebut, pada awal Oktober 2013 ini PT Indosat Mega Media (IM2), berinisiatif meluncurkan toko buku digital, Bukuon.

Toko buku digital Bukuon menyediakan 2000 judul buku yang bisa dibeli lewat dompet digital Indosat, Dompetku.

Dengan menggandeng PT Techbator sebagai penyedia platform buqu, aplikasi e-book Bukuon sudah dapat diakses secara mobile melalui smartphone dan tablet berbasis Android, ataupun lewat laptop dan personal computer. Dalam peluncuran ini, IM2 lewat e-money Indosat yaitu Dompetku, melayani pembayaran saat pengguna melakukan pembelian buku digital lewat Bukuon.

“Sampai saat ini sudah ada lebih dari 2.000 buku yang tersedia di Bukuon, mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp100 ribu. Kami juga sudah bekerja sama dengan lebih dari 10 penerbit, seperti Mizan, Rosda, dan ada juga beberapa penerbit dari kampus,” ungkap Thalhah Fakhrizal, GM Adjacent Bussiness IM2.

Menurutnya, pengguna Dompetku hingga saat ini tercatat sekitar 1 juta user, dan mereka adalah target potensial Bukuon lewat IM2. Selain itu, Bukuon juga mengajak komunitas blogger, salah satunya Komunitas Blogger Reporter, untuk bekerja sama menambah judul-judul buku baru di toko buku digital tersebut.

“Soal pembagian keuntungan, kami memberi honor kepada penulis sekitar 10%-20%, lalu dengan penerbit 30%-40%. Oleh karena itu, peluncuran Bukuon ini juga bertujuan agar penulis atau blogger tidak perlu takut lagi untuk untuk mempublikasikan karya mereka. Karena kami menjamin honor dan juga keamanan karya mereka dari tindak penggandaan buku,” tegas Thalhah.

Buku-buku yang tersedia di Bukuon saat ini, masih didominasi buku-buku lokal yang best seller. Namun, ujar Thalhah, tidak menutup kemungkinan Bukuon akan menjajaki kerja sama dengan penerbit buku luar.

Sampai akhir tahun 2013 ini, kami berencana akan menambah 1000 judul buku baru, hingga total buku di Bukuon ada 3000 judul. Yang jelas, saat ini target kami adalah mengedukasi dan mensosialisasikan terkait toko buku digital ke masyarakat luas, termasuk juga mengedukasi e-money kami, yaitu Dompetku,” pungkas Thalhah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)