Brand Awareness Is Not Enough

Bagaimana merek atau perusahaan saya bisa membuat hidup Anda lebih baik sehingga Anda akan membeli apa pun yang saya jual?" atau "Bagaimana saya harus melakukan sesuatu sehingga Anda percaya bahwa saya peduli pada Anda?

Tugas Public relations adalah menginspirasi. Bagaimana caranya? Ingat adegan di film Spiderman. Saat dia mengambil foto dirinya menyelamatkan orang dan kemudian menjualnya ke koran? Apa motifnya?

Sebuah aktivitas PR dimungkinkan dengan dua hal: niat yang selaras dengan tujuan yang dapat dikaitkan dengan orang-orang; dan atau usaha keras untuk memasarkan karya-karya baik itu ke agensi yang dapat menjadikannya layak diberitakan

Beberapa hari lalu, saya berbelanja di Pasar Bintaro2. Cukup ramai suasananya. Yang membuat saya terkesima adalah pembicaraan di kalangan pedagang, mulai dari pedagang buah, tape hingga bubur dan soto ayam. Yang mereka bicarakan saat itu adalah postingan video mereka di TikTok, Helo atau Video dan aplikasi sharing video lainnya.

Mereka juga membicarakan orang-orang yang menonton video mereka. Ada yang bangga karena videonya banyak ditonton orang, ada yang tidak begitu gembira karena videonya ditonton orang dalam jumlah tidak sebanyak yang ditonton temannya.

Pembicaraan itu menyiratkan keinginan mereka untuk menjadi orang yang spesial, paling tidak diantara teman-temannya itu. Mereka juga menyebut nama influencer yang mereka kenal memiliki follower dan jutaan penonton videonya. Nama yang mereka sebut itu tentu spesial.

Diakui atau tidak, untuk menjadi bagian dari beberapa orang spesial yang menonjol dan mendapatkan pengikut, ada banyak hal yang perlu dilakukan selain hanya merekam dan memposting video. Jadi, apa resep sukses di online?

Bila ditelisik, video yang luar biasa memiliki beberapa kesamaan yang membuatnya sukses, dibagikan secara luas, dan menguntungkan. Mereka sering kali berkualitas tinggi, diedit dengan baik, dan ringkas. Tidak hanya itu, entah bagaimana caranya, mereka mampu membuat Anda merasa seperti sedang berbicara langsung kepada Anda, meskipun dibuat untuk audiens yang besar.

Sama seperti video-video tadi, ada beberapa kesamaan dalam melihat keberhasilan suatu bisnis. Mereka juga memiliki kesamaan dan sesuatu yang berbeda. Jadi apa kesamaan antara kebanyakan bisnis dan pemimpin yang sukses? Kesamaannya adalah, nama mereka muncul di benak orang ketika memikirkan industri khusus mereka. Dalam bahasa branding, nama mereka menjadi top of mind. Dalam pengertian yang sederhana, merek tersebut menjadi “pimpinan” dari berbagai merek yang ada dalam pikiran seseorang.

Lalu apa untungnya bila menjadi top of mind? Anda mungkin teringat kalimat Al Ries, bahwa pertarungan merek sebenarnya bukanlah di pasar melainkan di benak orang. Merek-merek pemenang biasanya yang nangkring di posisi teratas ingatan konsumen atau pelanggan.

Dalam bahasa sederhana bila merek itu muncul pertama kali dalam pikiran seseorang ketika ingin membeli obat batuk misalnya, merek itulah yang cenderung dipilih. Jadi, katakanlah Anda menjalankan perusahaan pengembangan perangkat lunak. Jika klien potensial sudah memikirkan Anda saat mereka mulai mencari vendor yang dapat memberikan perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan mereka, Anda berada pada keunggulan kompetitif yang berbeda.

Tidak seperti perusahaan pesaing yang mencoba untuk memotong kebisingan dan kekacauan dan hambatan kepercayaan yang memperlambat penjualan dan kemitraan, Anda sudah berada di puncak pikiran klien potensial — dan itu kuat.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)