Buka Gerai Kedua, Uniqlo Masih Fokus 'Awareness'

Keberhasilan Uniqlo—perusahaan retail fashion global—membuka gerai perdananya di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, pada pertengahan 2013, rupanya membuat perusahaan asal Jepang ini makin ekspansif dengan membuka gerai baru. Berlokasi di Mal Taman Anggrek, Jakarta, pada Rabu (27/11/2013), gerai kedua Uniqlo resmi dibuka.

Uniqlo berencana kembali membuka gerai ke-3, yang nantinya akan hadir di Mal Kelapa Gading, dan dijadwalkan dibuka pada awal Desember 2013.

“Kehadiran gerai Uniqlo ke-2 di Mal Taman Anggrek (MTA) dan ke-3 di Mal Kelapa Gading nanti, sebagai upaya kami untuk meningkatkan brand awareness ke konsumen Indonesia. Apalagi, prospek industri fashion masih terus berkembang,” ujar pria berkacamata ini dengan nada optimistis akan masa depan industri ritel yang digelutinya.

Sementara itu, Yasuhiro Hayashi, Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia, mengklaim bahwa Uniqlo merupakan merek fashion ke-4 terbesar di dunia setelah Zara, H&M dan GAP. Hal itu tunjang dengan populasi gerai Uniqlo yang kini berjumlah 2.200 toko di seluruh dunia.

Produk-produk Uniqlo, sebut Yasuhiro, memiliki ciri khusus yang membedakan dengan kompetitor. “Pertama, konsepnya mengombinasikan teknologi, airism dan heattech yang banyak digunakan di industri pakaian dunia. Kedua, bahan pakaian nyaman dan bisa menyerap keringat. Ketiga, produk berkualitas tinggi dan harga terjangkau,” paparnya.

Karena itulah, kata Yasuhiro, Uniqlo datang ke Jakarta karena merupakan pusat ibukota yang menjadi contoh kesuksesan Indonesia. Sebelumnya, Uniqlo juga telah melakukan riset selama dua tahun untuk memutuskan membuka gerai di Jakarta. “Sejak dua tahun lalu, kami melakukan riset pasar di Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di Asia Tenggara. Kita tidak bisa menilai sukses, kalau enggak mencoba masuk ke Indonesia,” dia menegaskan.

Menghadirkan konsep bergaya modern, gerai Uniqlo MTA memiliki luas 2.65 meter persegi dan menghadirkan lini produk terlengkap, terdiri dari koleksi pakaian yang menyasar segmen middle up (SES A, B). Uniqlo juga menghadirkan koleksi fashion GU–sister brand Uniqlo, yang terdiri dari pakaian pria, wanita, dewasa, remaja, anak–anak, hingga bayi.

Bicara soal target berikutnya, Yasuhiro mengungkapkan, untuk gerai Uniqlo ke-3 nantinya akan hadir di Mal Kelapa Gading dengan luas area 2.000 meter persegi, dan dijadwalkan dibuka pada awal Desember 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)