Headline

Dari Promotion Marketing ke Engagement Marketing

Pelanggan saat ini tidak hanya peduli tentang apa yang mereka beli (produk) dan dari siapa mereka membelinya (merek), tetapi juga bagaimana mereka dapat membeli (layanan). Itu sebabnya pendekatan engagement mengharuskan merek menciptakan pengalaman yang konsisten untuk pelanggannya.

September 2018, CEO
Nike Mark Parker mengatakan bahwa iklan kontroversialnya yang dibintangi bintang
NFL, Colin Kaepernick, mencetak “record engagement.” Iklan itu bahkan
membantu meningkatkan penjualan.

Parker juga “sangat
bangga” dengan kegiatan peringatan 30 tahun yang menampilkan atlet seperti
bintang tenis Serena Williams, pesepakbola Amerika Odell Beckham Jr dan Shaquem
Griffin, pemain skateboard Lacey Baker dan Kaepernick.

Mereka, kata Parker,
adalah atlet yang sangat menginspirasi dan membantu Nike menyampaikan pesan
yang benar-benar terhubung dengan konsumennya. “Kami termotivasi untuk
menginspirasi konsumen, termasuk generasi baru, kami untuk terhubung dan
terlibat,” kata Parker.

Kampanye tersebut sempat memunculkan kontroversi karena menampilkan Kaepernick yang menolak berdiri sebagai penghormatan selama lagu kebangsaan pada awal pertandingan.

Penolakan Kaepernick silakukan sebagai protes atas rasisme dan kebrutalan polisi. Langkah itu telah memicu perdebatan sengit publik Amerika. Konsumen terpecah sebagai akibat kampanye Nike Colin Kaepernick

Namun, Parker mengatakan Nike telah melihat “rekam keterlibatan” dengan merek tersebut setelah kampanye. “Kekuatan merek kami adalah dimensi utama yang berkontribusi pada momentum berkelanjutan yang kami bangun di seluruh portofolio Nike. Begitulah cara kami melihatnya; itu adalah bagaimana kita terhubung dan terlibat dengan cara yang relevan dan menginspirasi konsumen yang kita layani di sini. “

Kuartal pertama tahun kemarin, pendapatan Nike naik 10% menjadi $ 9,9 miliar (£ 7,5 miliar) dan laba meningkat 15% menjadi lebih dari $ 1 miliar (£ 760 juta).

Disini peran digital berada di titik tertinggi, dengan penjualan naik 36% selama tiga bulan yang berakhir 31 Agustus 2018. Penjualan di pasar utama AS naik 6%, sementara di wilayah lainnya naik 11%.

Bagi Nike, digital tidak hanya sumber pendapatan yang terus tumbuh. Nike juga melihatnya sebagai kunci untuk mendorong penjualan di toko fisik.

Nike meluncurkan aplikasinya di toko-toko fisik. Pada kuartal itu juga, Nike meluncurkan konsep baru, yang disebut Nike Live yang memanfaatkan skema keanggotaan Nike + untuk menawarkan pengalaman “berbeda” di dalam toko.

Selama bertahun-tahun, perusahaan secara tradisional menemukan bahwa kesuksesan dapat dicapai dengan menciptakan produk luar biasa dan membangun merek yang menyenangkan.

Page: 1 2 3 4 5

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Studi Tunaiku: 53,5% Responden Punya Tabungan Khusus untuk Hiburan dan Konser

MIX.co.id - Studi yang dirilis Tunaiku dari Amar Bank melalui akun media sosialnya, terhadap 254…

4 mins ago

Inovasi AI Mentransformasi Industri Telekomunikasi

MIX.co.id – Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi pusat dari industri telekomunikasi saat ini…

1 hour ago

FNM Society, UNFPA, dan Takeda Dorong Perempuan Indonesia Sehat dan Berdaya

MIX.co.id - Farid Nila Moeloek (FNM) Society, United Nations Population Fund (UNFPA), dan Takeda, menggelar…

2 hours ago

Lenovo Donasikan Laptop dan Sembako ke Sekolah dan Panti Asuhan di Jadetabek

MIX.co.id – Lenovo terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan…

12 hours ago

Bidik Perempuan, WRP Hadirkan We Shape 2.0 dan Power Partner

MIX.co.id – Untuk mendukung perempuan lebih sehat dalam menjalani puasa Ramadan, WRP Indonesia menghadirkan program…

12 hours ago

Perkuat Konektivitas Jalur Mudik, Indosat Gelar Ekspedisi Jaringan Andal

President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha (kanan) memberikan keterangan pers saat Media…

13 hours ago