Di Balik Sukses “Share A Coke” Indonesia Ada Suryanto Gunawan

Suryanto Gunawan Suryanto Gunawan
Sejatinya, program Share A Coke adalah program global yang bertujuan menjalin engagement dengan konsumen lewat kustomisasi nama populer di tiap negara yang dicantumkan di kemasan produk berbagai berukuran. Di Indonesia, kampanye ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Suryanto Gunawan, Marketing Manager PT Coca-Cola Indonesia.

Kampanye besar ini pertama kali dieksekusi di sejumlah media di Inggris pada Mei 2013. Kampanye diintegrasikan dengan iklan-iklan di media televisi setempat. Kata Suryanto, ia dan tim di Indonesia melakukan riset terhadap 70 nama populer untuk kemudian ditampilkan di kemasan. Hasilnya, muncullah nama Dwi, Ratna, Joko, Putri, Putra, hingga Bayu.

Sejak masuk ke Coca-Cola Indonesia pada Juli 2012, Suryanto juga sukses mengintegrasikan program Lebaran dengan konsep serupa, yakni mencantumkan nama Mama, Papa, Paman, Bibi dan kerabat lainnya di kemasan produk untuk bingkisan lebaran. “Saat itu penempatan iklannya banyak di TVC jelang buka puasa, dan penempatan di berbagai pusat perbelanjaan. Semuanya terintegrasi dengan social media,” katanya.

Sebelum bergabung dengan Coca-Cola Indonesia, Suryanto berkarir di Nestle Indonesia sebagai Brand Manager dan Demand and Supply Planning Manager. “Pengalaman membesut brand adalah kekuatan saya,” katanya. Ia juga sempat menjadi Regional Sales Manager di sebuah perusahaan lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)